Ahad 01 Mar 2015 17:15 WIB

Fasilitasi Anak SMA Mendapatkan Informasi Universitas

Rep: mj02/ Red: Agus Yulianto

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Tidak mudah bagi anak SMA untuk menentukan akan melanjutkan sekolah ke mana. Mereka perlu berbagai informasi dan pengarahan tentang kelanjutan studi mereka. Atas itulah, yangmuda.com mengadakan Yangmuda Future Fair pada 28 Februari hingga 1 Maret di Landmark Braga, Bandung.

Berbeda dengan pameran pendidikan biasanya yang menampilkan stand-stand univeraitas luar negeri. Dalam pameran pendidikan ini yang dihadirkan adalah universitas-universitas ternama di Indonesia.

Ketua Panitia Yangmuda Future Fair Nicky Claraentia Pratiwi mengatakan, acara ini ditujukan khusus untuk anak-anak muda yang masih bingung melanjutkan sekolah kemana. "Karena itu, kami menggunakan tagline 'Masih Bingung Lulus SMA mau kemana?,” katanya.

Lewat acara ini, Nicky berharap, bisa  menjembatani dan memfasilitasi mereka yang masih belum tahu akan memilih jurusan dan universitas apa. Di dalam pameran ini juga, katanya, disediakan jasa konsultasi.

"Mereka bisa berkonsultasi dan mendapatkan informasi dengan langsung mendatangi stand - stand  Perguruan Tinggi yang ada. Diharapkan agar mereka mendapat pencerahan," kata Nicky.

Ada 40 stand di pameran ini yang terdiri dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jakarta dan Bandung. "Masih banyak anak-anak kekurangan info PTS. Oleh karena itu, di sini kami sediakan," ujar Nicky.

Selain, stand Perguruan Tinggi, ada pula stand bimbingan belajar dan Kursus Bahasa Inggris. Juga, dalam Yangmuda Future Fair ini diadakan berbagai jenis workshop. Seperti, Public Speaking, Jurnalistik, tes simulasi TOEFL dan IELTS, dan seminar 'Succes in Campus Life'. "Setiap kampus juga mengadakan presentasi di panggung utama. Jadi, anak-anak yang hadir tinggal mendengarkan informasi tersebut," kata Nicky.

Pameran Pendidikan ini sudah empat tahun diadakan. Namun, sebelumnya di adakan di Bekasi. Karena, animo anak SMA besar dan disambut baik, akhirnya mendobrak dan memperlebar ke Bandung.

Tahun depan, Nicky mengatakan, akan mengadakan lagi pameran seperti ini. "Dua tahun ke depan rencananya akan diadakan di Surabaya," katanya.

Salah satu peserta yang hadir dalam acara ini, Gita mengatakan sangat senang dengan adanya pameran seperti ini. Ia dapat melihat referensi-referensi berbagai macam sekolah dalam satu waktu. "Tidak perlu repot datang ke berbagai universitas," katanya. Gita mengakui, sengaja datang ke pameranbersama teman-temannya setelah mendapatkan informasi dari sekolahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement