Kamis 26 Feb 2015 15:37 WIB

JK Center Segera Diresmikan

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Esthi Maharani
Universitas Hasanuddin, Makassar
Universitas Hasanuddin, Makassar

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Setelah sempat tersendat, peresmian kampus II Universitas Hasanuddin (Unhas) yang didalamnya terdapat JK Center akan segera diresmikan. Terlebih lagi dalam waktu dekat, Wakil Presiden Jusuf Kalla akan berkunjung ke Makassar khususnya kabupaten Gowa untuk meresmikan fakultas teknik Unhas tersebut, Jumat (27/2).

"Insya Allah pak JK akan datang dalam dua acara Unhas. Yang pertama peresmian JK Center yang merupakan fakultas teknik Unhas serta pengukuhan guru besar Unhas," ungkap Sekretaris Rektor Unhas, Suharman Hamzah, Kamis (26/2).

JK Center terdiri dari dua gedung yaitu, JK of Technology dan JK of Scientific. Penamaan JK Center, menurut Suharman dikarenakan kampus II Unhas merupakan usul dari JK ketika beliau menjabat sebagai Wakil Presiden era kepemimpinan SBY. Sehingga, untuk memberikan penghargaan atas inisiatif tersebut, Unhas memberikan nama dua gedung mereka menjadi JK Center.

Selain memberikan ide untuk pembangunan fakultas ini, JK juga sangat berperan dalam memberikan link untuk mencari sponsor untuk membangun kampus II Unhas. Berkat JK, banyak negara seperti Jepang yang membantu pengadaan alat-alat serta teknologi untuk perkuliahan.

Fakultas teknik Unhas sendiri terdiri dari enam jurusan yaitu, Teknik Sipil, Arsitektur, Geologi, Mesin, Elektro, dan Perkapalan. Namun tidak semua pembangunan tempat pembelajaran setiap jurusan telah selesai. Jurusan teknik mesin dan elektro masih terus berlangsung hingga saat ini.

Meski belum seutuhnya selesai, namun fakultas ini bisa menjadi acuan bagi fakultas teknik seluruh Indonesia. Pasalnya semua alat-alat laboratorium di kampus II Unhas merupakan yang alat paling baru dan mutahir.

"Biasanya kita (Unhas) yang pergi ke ITB untuk meminjam alat mereka. Sekarang sebaliknya kampus mereka yang mendatangi kami untuk mencoba alat laboratorium yang canggih," lanjut Suharman.

Nantinya, kampus II Unhas ini akan bekerja sama dengan berbagai pihak industri dalam membangun gedung-gedung yang ada di kawasan perkuliahan. Sehingga bisa dimungkinkan ada nama gedung bernama sebuah perusahaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement