Kamis 26 Feb 2015 12:33 WIB

Pertamina Lanjutkan Beasiswa Sobat Bumi

Jumpa pers Pertamina membuka kembali program Beasiswa Sobat Bumi
Foto: Istimewa
Jumpa pers Pertamina membuka kembali program Beasiswa Sobat Bumi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation melanjutkan program "Sekolah Sobat Bumi" periode 2015-2017 dengan skema baru di 240 sekolah.

Pelaksanaan program itu ditandai dengan penandatanganan MoU antara Pertamina dengan sembilan pemerintah kabupaten/kota dan satu provinsi di Jakarta, Kamis (26/2).

Sembilan pemerintah kabupaten/kota dan satu provinsi yang terpilih sebagai mitra pelaksana program "Sekolah Sobat Bumi" periode 2015-2017 yaitu Temanggung (Jawa Tengah), Sleman (DI Yogyakarta), Bandung (Jawa Barat), Siak (Riau), Banyuwangi (Jawa Timur), Metro (Lampung), Tabalong (Kalimantan Selatan), Jayapura (Papua), Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Provinsi DKI Jakarta.

"Program 'Sekolah Sobat Bumi' ini bertujuan untuk mencetak duta-duta energi sekaligus duta lingkungan yang akan menjamin keberlanjutan energi dan pelestarian lingkungan," kata Direktur Pemasaran PT Pertamina Ahmad Bambang seusai penandatangan MoU tersebut.

Program "Sekolah Sobat Bumi" 2015-2017 mempunyai beberapa pilihan program yaitu "Education for Sustainable Development" (ESD), Energi Baru Terbarukan (biogas, bahan bakar nabati, pembangkit listrik tenaga mikro hidro), dan konsumsi-produksi berkelanjutan (kantin sehat, kebun sekolah mini, pengelolaan sampah).

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang juga hadir dalam acara tersebut berharap bahwa berbagai program yang ada dalam "Sekolah Sobat Bumi" dapat ditularkan kepada 700 ribu anak sekolah di kota yang dipimpinnya.

Dia mengatakan di Bandung saat ini juga telah menerapkan budaya 'eco-transport' yaitu dengan membiasakan anak-anak untuk bersepeda ke sekolah sehingga akan mengurangi polusi dan kemacetan. Program-program berbasis lingkungan yang dimiliki "Sekolah Sobat Bumi" tersebut, katanya, akan dijadikan program unggulan untuk disebarluaskan ke berbagai sekolah lain di Bandung.

Program "Sekolah Sobat Bumi" yang merupakan salah satu program CSR Pertamina tersebut telah dimulai sejak 2012. Untuk periode 2015-2017 ini, program tersebut akan mencakup 15 sekolah pembina dan 225 sekolah binaan. Masing-masing sekolah pembina akan membina 15 sekolah lainnya sehingga total terdapat 240 "Sekolah Sobat Bumi" yang tersebar di 10 daerah di Indonesia.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement