Senin 09 Feb 2015 18:12 WIB

UM Magelang Latih Mahasiswa Merawat Luka

Rep: heri purwata/ Red: Dwi Murdaningsih
ilustrasi pelatihan perawatan
Foto: Republika/Septianjar Muharam
ilustrasi pelatihan perawatan

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG –- Sebanyak 88 mahasiswa Diploma 3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah mengikuti pelatihan perawatan luka. Pelatihan tidak hanya teori saja, tetapi juga praktek sehingga mahasiswa memiliki kemampuan merawat orang yang mengalami luka kronis.

Dijelaskan Reni Mareta, Ketua Prodi Keperawatan D3 pelatihan diadakan di Gedung Fikes UM Magelang, Sabtu-Ahad (7-8/2). Pelatihan ini sebagai pembelajaran lanjutan dalam mata kuliah modul dan Skill Wound Care yang sudah didapatkan mahasiswa selama perkuliahan.  Selama dua hari, peserta yang terdiri mahasiswa dan dosen keperawatan mendapatkan materi tentang teori serta praktek  penanganan luka dengan mendatangkan tiga pasien dengan luka kronis. 

“Harapannya peserta dapat lebih memahami teknik-teknik perawatan yang telah disampaikan secara komprehensif,” ungkap Reni di Magelang, Senin (9/2).

Pelatihan ini, kata Reni, juga sebagai bentuk penerapan visi dan misi Fikes UM Magelang untuk menjadi program studi Diploma 3 Keperawatan yang Islami, inovatif dan kompetitif di tingkat nasional.  Selain itu, juga menjadikan Fikes sebagai pusat unggulan pengembangan kompetensi tenaga keperawatan dalam perawatan luka pada tahun 2020. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement