Rabu 28 Jan 2015 19:14 WIB

Pandeglang Dorong Sekolah Sediakan Semua Buku Paket

Buku paket kurikulum 2013.
Foto: Antara
Buku paket kurikulum 2013.

REPUBLIKA.CO.ID,PANDEGLANG--Setiap sekolah di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, didorong untuk menyediakan buku paket/teks mencakup semua pelajaran untuk pegangan siswa.

"Kita memang programkan setiap sekolah, terutama SMP/sederajat agar menyediakan buku teks mencakup semua bidang pelajaran dengan perbandingan satu set untuk setiap peserta didik," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang Anwar Fauzan di Pandeglang, Rabu (28/1).

Buku paket itu, kata dia, sesuai dengan standar dan sudah ditetapkan kelayakannya oleh pemerintah, dan setiap ada perubahan harus disesuaikan.

Menurut dia, penyediaan buku teks/paket tersebut merupakan salah satu bagian dari upaya meningkatkan layanan pendidikan guna mewujudkan pendidikan berkualitas di Kabupaten Pandeglang.

Ia juga menyatakan, dari hasil evaluasi terhadap perkembangan pendidikan di daerah itu, memang masih belum sesuai harapan, walapun setiap tahun cenderung terjadi peningkatan, baik kuantitas maupun kualitasnya.

"Kita telah telah menyusun beberapa strategis untuk mempercepat peningkatan kualitas pendidikan melalui optimalisasi layanan pendidikan," katanya.

Anwar menyatakan strategis yang perlu dan akan dilaksanakan, di antaranya pada setiap SMP/sederajat tersedia satu orang guru untuk setiap mata pelajaran, dan untuk daerah khusus tersedia satu orang guru untuk setiap rumpun mata pelajaran.

Kemudian, lanjut dia, pada setiap SMP/sederajat tersedia guru dengan kualifikasi akademik S1 atau D-IV dan telah memiliki sertifikat pendidik masing-masing satu orang untuk mata pelajaran matematika, IPA, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pandeglang Dadan T Daniel menyatakan saat ini sedang melakukan pemetaan penyebaran guru, baik guru kelas maupun mata pelajaran, bekerja sama dengan Indonesia Usaid Prioritas.

Dalam kerja sama itu, pihak Indonesia Usaid Prioritas melakukan pemetaan dan evaluasi terhadap keberadaan guru bidang studi dan guru kelas di sekolah di Pandeglang.

"Melalui pemetaan itu akan ketahui jumlah guru kelas dan bidang studi pada satu sekolah, termasuk kekurangan atau kelebihannya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement