Selasa 27 Jan 2015 19:39 WIB

Unit Kesehatan Sekolah Segera Dibangkitkan Kembali

Rep: c 64/ Red: Indah Wulandari
Sejumlah anggota Palang Merah Remaja menunjukkan lambang PMI saat memperingati Hari Ulang Tahun ke-66 Palang Merah Indonesia di Bandung, Jawa Barat.
Foto: Antara/Agus Bebeng
Sejumlah anggota Palang Merah Remaja menunjukkan lambang PMI saat memperingati Hari Ulang Tahun ke-66 Palang Merah Indonesia di Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Kesehatan sepakat  bekerja sama untuk membangkitkan kembali Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang saat ini gaungnya perlahan menghilang.

Program kerja sama ini dimulai dalam perbicangan internal antara kedua menteri di gedung Kemendikbud, Jakarta, pada Selasa (27/1).

"Pertemuan ini dimaksudkan agar komponen pendidikan dan institusi, termasuk di dalamnya unit-unit sekolah bisa memainkan peran dalam pembelajaran hidup sehat. Sehingga, dapat membimbing dan mengubah perilaku masyarakat menjadi paham hidup sehat," ujar Mendikbud Anies Baswedan.

Ia melanjutkan, pertemuan itu merupkan pertemuan pembuka dan tahap awal dalam kerja sama program ini. Kedepannya, pembahasam lebih lanjut akan dilanjutkan oleh masing-masing direktorat yang berkaitan.

Dengan adanya program ini, tambahnya, diharapkan UKS dapat berfungsi kembali dalam mendidik masyarakat untuk hidup sehat. Diharapkan juga pada tahun ajaran baru, program ini memberi efek revolusi mental pada sekolah.

"Kami akan bersinergi dengan kementerian lainnya, termasuk Kementerian Agama, Kementerian Perdagangan dan beberapa kementerian lainnya," ulas Anies.

Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek mengatakan, keinginan kerja sama program ini dimaksudkan untuk memperbaiki etika serta perilaku siswa, guru, orang tua, hingga masyarakat dalam kehidupan yang sehat.

"Dengan dibentuknya kembali UKS ini diharapkan dapat membimbing anak-anak maupun masyarakat bagaimana berperilaku sehat yang  sesungguhnya dan benar," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement