Ahad 25 Jan 2015 03:15 WIB

MUI: Keputusan Kemendikbud Soal Ujian Nasional Sudah Tepat

Rep: C83/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ketua MUI Dr. H. Anwar Abbas, M.M, M.Ag
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Ketua MUI Dr. H. Anwar Abbas, M.M, M.Ag

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengaku setuju dengan keputusan Kemendikbud yang mengubah ujian Nasional. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua MUI Bidang Pendidikan, Anwar Abbas.

Ia mengatakan, ujian nasional tidak lagi difungsikan sebagai satu-satunya tolak ukur atau penentu bagi kelulusan siswa, tetapi merupakan salah satu sub bagi kelulusan. Dengan demikian masalah lulus atau tidaknya seorang anak  diputuskan oleh sekolah masing-masing.

Lebih lanjut ia mengatakan, bisa saja seorang anak lulus ujian nasional tetapi menurut sekolah anak tersebut tidak memenuhi syarat untuk lulus maka dia tidak lulus. Akan tetapi jika seandainya menurut sekolah seorang siswa sudah memenuhi syarat tetapi siswa tersebut tidak lulus ujian nasional maka sang anak harus mengikuti program akselerasi.

Agar bisa mengikuti ujian nasional susulan yang diselenggarakan dalam tahun ajaran yg sama. Hal Ini penting dilakukan dalam rangka menciptakan peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan nasional.

“Kita tidak keberatan dengan rencana mendikbud  tentang penyelenggaraan  ujian nasional asal saja teknis pelaksanaannya bisa berjalan dan dijalankan dengan baik. ” ujar Anwar Abbas kepada ROL, Sabtu (24/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement