Jumat 26 Dec 2014 03:25 WIB

Indonesia Akan Adakan Lomba Matematika Tingkat Internasional

Rep: c13/ Red: Joko Sadewo
Anak jago matematika/ilustrasi
Foto: educationnews.org
Anak jago matematika/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Indonesia ditunjuk untuk mengadakan lomba matematika tingkat internasional. Lomba ini akan diadakan di Hotel Pangrango, Bogor, Jawa Barat.

Ketua Panitia Lomba Matematika Internasional, Muhammad Fachri menegaskan acara lomba ini akan berlangsung selama empat hari. “Dari tanggal 26 sampai 29 Desember 2014,” ujar Fachri saat dihubungi Republika Online (ROL), Kamis (25/12).

Pada Jumat (26/12), Fachri mengatakan lomba akan dimulai dengan proses registrasi sekaligus pembukaan terlebih dahulu. Setelah itu, ujarnya, acara lomba akan dilaksanakan pada Sabtu (27/12). Kemudian, pengumuman dan penutupan acara akan dilaksanakan pada dua hari berikutnya.

Terkait peserta, menurut Fachri, acara ini akan diikuti lima negara termasuk Indonesia, seperti Malaysia, Thailand, Filipina dan Hongkong. Peserta yang sudah terdaftar, lanjutnya, sekitar 52 peserta.

Fachri mengaku, sebelumnya pihak panitia juga telah mengundang Singapura dan Vietnam untuk mengikuti lomba ini. Namun, kedua negara ini diinformasikan tidak dapat mengikuti karena suatu alasan. Menurutnya, kemungkinan besar kedua negara tersebut sedang memiliki jadwal kegiatan yang padat.

Menurut Fachri, acara ini akan diikuti oleh anak-anak yang berpendidikan Sekolah Dasar (SD). “Diikuti oleh anak-anak yang saat ini kelas 5 hingga kelas 6,” ujarnya. Fachri menerangkan, acara ini sendiri merupakan program Klinik Pendidikan MIPA (KPM) yang berpusat di Bogor.

Fachri menjelaskan alasan KPM mengadakan lomba tingkat internasional. Menurutnya, lomba ini diharapkan bisa mengakrabkan para siswa tingkat sekolah dasar antar negara.

Selain itu, ujarnya,  acara lomba ini diharapkan bisa menjalin keakraban dengan bentuk persahabatan antarpeserta. Acara ini juga, lanjutnya, diharapkan bisa menumbuhkan semangat berkompetensi terutama dalam matematika.

Mengenai juri, Fachri menyatakan pihak yang akan menjadi juri sendiri berasal dari Indonesia. Mereka, terangnya, merupakan dosen-dosen IPB yang berkompeten di bidangnya. Fachri juga mengatakan, acara ini akan dihadiri oleh Wali kota Bogor dan Kepala Dinas Bogor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement