Jumat 19 Dec 2014 14:18 WIB

Din Harapkan Pemerintah Dorong Pembuatan Mobil Dalam Negeri

Rep: c60/ Red: Maman Sudiaman
Mobil tenaga surya buatan SMK Muhammadiyah Malang
Foto: Antara
Mobil tenaga surya buatan SMK Muhammadiyah Malang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– SMK Muhammadiyah melucurkan dua unit mobil hemat energi tenaga surya. Mobil bernama Mocrobus Solar Suryawangsa 2 ini merupakan buatan siswa SMK Muhammdiyah 7 Goondanglegi, Malang, Jawa Timur dan Giwangkara Solar 7.5 karya SMK Muhammadiyah Hargeulis Indramayu.

 

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin mengharapkan dua karya ini bisa mendapat dukungan dari pemerintah. Dengan demikian, proyek pengerjaan kendaraan ini bisa dilanjutkan untuk kepentingan bangsa. Selain menjadi kebanggaan bangsa, keterampilan para siswa bisa menghasilkan lapangan pekerjaan bagi pemuda Muhammadiyah khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Dia berharap mobil ini bisa diproduksi lebih banyak untuk digunakan oleh seluruh instansi yang dimiliki Muhammadiyah. “Sehingga seluruh warga Muhammadiyah tidak membeli mobil ekspor,” ujar Din yang didampingi Mendiknas Anies Baswedan saat peluncuran mobil tersebut di kantor PP Muhammadiyah Jakarta, Jumat (19/12).

Sementara itu, menteri pendidikan dan kebudayaan mengucapkan aprsiasi atas lahirnya mobil karya SMK Muhammadiyah. “Atas nama pemerintah saya ingin mengucapkan selamat atas peluncuran karya ini,” ujar Anies Baswedan.

Anies mengatakan, peran Muhammadiyah terhadap pemerintah sangat besar. Sejak sebelmum kemerdekaan, muhammadiyah telah banyak berperan untuk membangun kebudayaan.

Usai memberikan sambutan, Anies ditemani Din melakukan test drive dua mobil baru ini di halaman PP Muhammadiyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement