Kamis 18 Dec 2014 02:38 WIB

Inilah Tiga Pendekatan UN Online yang Akan Dilaksanakan

Rep: c97/ Red: Damanhuri Zuhri
Siswa SMA saat melaksanakan ujian nasional.
Foto: Yasin Habibi/Republika
Siswa SMA saat melaksanakan ujian nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ujian Nasional Online atau CBT (Computer Base Test) akan dilaksanakan dengan menggunakan beberapa pendekatan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan penyelenggaraan ujian. Secara garis besar terdapat tiga alternatif sistem, yaitu off-line, semi-online, dan on-line.

Ketiga sistem ini memiliki spesifikasi masing-masing. CBT off-line, digunakan untuk sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan jaringan internet. Sehingga pelaksanaan ujiannya melalui jaringan area lokal (LAN) di sekolah.

CBT semi-online, program dikendalikan secara online oleh institusi pendidikan setempat sebagai penyedia layanan (provider) daerah. CBT on-line, yaitu program dikendalikan secara on-line langsung oleh Kemendikbud di Jakarta sebagai provider pusat.

Ujian Nasional Online yang akan diselenggarakan beberapa tahun ke depan dilaksanakan untuk meniadakan kekurangan pada pelaksanaan UN manual. Sebab ujian berbasis kertas saat ini masih banyak memiliki kelemahan. Diantaranya, bentuk soal yang digunakan pada satu tes sulit untuk dibuat bervariasi.

Tampilan soal terbatas, hanya dua dimensi. Memerlukan banyak biaya penggandaan yang cukup besar, termasuk untuk pengamanan kerahasian soal. Pengolahan hasil memerlukan waktu yang relatif lama.

Oleh karena itu salah satu alteratitf yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Saat ini teknologi tersebut sedang berkembang ke arah penilaian pendidikan. Bentuk pemanfaatannya dengan menerapkan bentuk ujian berbasis komputer (Computer-Based Test-CBT). Pemanfaatan komputer sebagai media dalam pelaksanaan ujian merupakan upaya untuk membiasakan siswa berinteraksi dengan teknologi.

Selain itu pemanfaatan TIK dapat dilakukan untuk penilaian diri sendiri, meningkatkan wawasan dan kemampuan TIK, serta menguatkan pembelajaran melalui latihan ujian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement