Rabu 17 Dec 2014 15:08 WIB

438 Siswa DIY Raih Anugerah Prestasi

Rep: yulianingsih/ Red: Taufik Rachman
Siswa SD (Ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Siswa SD (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Sebanyak 438 siswa di DI Yogyakarta (DIY) memperoleh anugerah prestasi dari Pemerintah Daerah (Pemda) DIY. Siswa yang memperoleh anugerah prestasi ini merupakan siswa yang memperoleh gelar juara di berbagai kejuaraan tingkat nasional maupun internasional sepanjang 2014.

Añugerah prestasi ini diberikan oleh Sekda DIY Ichsanuri kepada para siswa di Gedung Amongrogo, Yogyakarta, Rabu (17/12).Selain siswa anugerah juga diberikan pada guru dan lembaga pendidikan yang berprestasi di DIY.

"Penghargaan diberikan untuk merangsang dan menumbuhkan bakat-bakat prestasi pelajar, masyarakat pendidikan dan generasi muda untuk mengasah kemampuan diri dan membiasakan diri berkompetisi," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (kadisdikpora) DIY, Baskara Aji.

Menurutnya, penghargaan itu juga diharapkan membangun budaya kompetitif yang positif di kalangan pelajar. Sehingga mereka mampu mengembangkan potensi kemampuan di bidang sains, akademik, penelitian, kreativitas, seni, pemuda dan olahraga.

Penghargaan diberikan untuk siswa dan lembaga yang meraih juara I, II dan III serta pelatih atau pembina dari berbagai lomba dan kejuaraan di tingkat SLB, SD, SMP, SMA, SMK, PAUD dan lembaga pendidikan. Lomba atau kompetisi diselenggarakan berjenjang dan berkesinambungan dari tingkat kabupaten/kota, DIY, regional, nasional hingga internasional.

Dari total 438 penghargaan, sebanyak 26 penghargaan diraih siswa di tingkat internasional.

Sementara Sekda DIY, Ichsanuri yang membacakan sambutan Gubernur DIY mengungkapkan, pembangunan di bidang pendidikan merupakan aspek prioritas yang dilakukan pemerintah DIY. Hal itu sebagai bentuk konsekuensi dari perkembangan globalisasi yang menuntut Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas."Kualitas SDM sangat penting karena menjadi kunci sukses pembangunan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement