Ahad 23 Nov 2014 13:50 WIB

Tahun Depan, Kemenag Beri Beasiswa untuk 1.000 Dosen

Rep: c83/ Red: Esthi Maharani
Gedung Kemenag
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Gedung Kemenag

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Tahun 2015, Kementerian agama akan memberi beasiswa bagi 1000 dosen. Hal tersebut disampaikan oleh Ditjen Pendidikan Islam Kemenag, Kamaruddin Amin.

"Program priotas pendis (pendidikan Islam) tahun depan ada 1000 doktor. Jadi ada 1000 doktor yang akan kita sekolahkan di dalam dan luar negeri kepada dosen-dosen kita," ujar Kamaruddin Amin kepada Republika (21/11).

Ia menjelaskan, program 1000 doktor yakni program beasiswa yang diberikan untuk dosen. Jumlah dosen yang akan memperoleh beasiswa ke luar negeri yakni sebanyak 250 orang. Mereka akan dikirm ke Amerika, Eropa, Jepang, Australia dan Timur tengah.

Sebanyak 750 dosen akan memperoleh beasiswa di dalam negeri. Ia menambahkan, program 1000 doktor ini akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 3 Desember mendatang.

Selama ini, Kemenag telah memberi beasiswa bagi Dosen. Namun, jumlahnya tidak sampai 1000. Selain penambahan jumlah dosen yang akan menerima beasiswa, tahun ini juga akan dilakukan pemetaan nasional. Hal tersebut dikarenakan, selama ini management sistem beasiwa belum maksimal.

"Seluruh Indonesia kita petakan kebutuhannya. Kemudian kita melakukan desain komprehensif dan integrasi sesuai dengan kebutuhan yang ada," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement