Selasa , 18 November 2014, 20:41 WIB

Sarat Prestasi, Kemenag Tingkatkan Jumlah MAN Insan Cendikia

Rep: c60/ Red: Agung Sasongko
Republika/Agung Supriyanto
Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.
Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Kementerian Agama berencana meningkatkan jumlah sekolah Madrasan Aliyah Negeri Insan Cendekia. Saat ini, sekolah tersebut baru beroperasi sebanyak tiga sekolah

“Di Serpong, Gorontalo dan Jambi,” ujar Direktur Jendral Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin kepada ROL, Selasa (18/11). Kamarudin mengatakan, Kemenag akan terus berupaya agar jumlah sekolah MAN Insan Cendekia meningkat.

“Tiga lagi tahun 2015 dan selebihnya tahun 2016,” tambah dia.

MAN IC disebut sebagai madrasah yang memiliki prestasi cemerlang. Kamarudin menyebut MAN IC kerap memenangi kompeisi sains tingkat nasional hingga Internasional.

Prestasi yang ditorehkan MAN IC tidak hanya mengangkat nama MAN IC, namun sekaligus mengangkat nama Madrasah dibanding sekolah umum.

“Madrasah memiliki prestasi baik di tingkat nasional hingga internasional. Misalnya, madrasah bisa jadi pemenang olimpiade kimia, fisika,  matematika dan seterusnya. Itu banyak sekali pemenang dari madrasah kita. Khususnya dari MAN Insan Cendekia,” ujar dia.

Saat ini MAN Insan Cendekia berjumlah tiga sekolah di seluruh Indonesia. Kamarun mengatakan bahwa Kemenag akan terus menambah jumlah MAN Insan Cendekia. “Kita targetkan di setiap provinsi ada satu Man Insan Cendekia,” pungkas dia.