Jumat 14 Nov 2014 06:01 WIB

Memunculkan Lagi Budaya Mendongeng untuk Stimulasi Minat Baca Anak

Kids Read
Foto: hsbc
Kids Read

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- HSBC Bank dan British Council Indonesia Foundation meluncurkan program ‘Kids Read’ di Indonesia. Program internasional ini mendorong tumbuhnya minat baca, khususnya di kalangan anak-anak sekolah dasar negeri. 

Seorang pendongeng internasional dari Inggris, Cassandra Wye, berkolaborasi dengan pendongeng lokal Aryo Zidni menunjukkan bahwa mendongeng adalah kegiatan yang menyenangkan bagi para guru dan siswa.

Diharapkan, dengan inisiatif ini anak-anak akan memandang kegiatan membaca sebagai aktivitas yang menyenangkan dan dilakukan dengan penuh semangat, baik ketika berada di dalam maupun di luar kelas.

“Kids Read mendorong anak-anak untuk menyukai kegiatan membaca melalui aktivitas membaca yang kreatif, pelatihan guru, kompetisi dan acara-acara komunitas,” ujar Country Director, British Council Indonesia Sally Goggin, Kamis (13/11).

Sebelumnya, program yang dikembangkan oleh British Council ini telah dilangsungkan di Timur Tengah dan Afrika Utara. Kini, untuk pertama kalinya program Kids Read diadakan di Asia Pasifik dengan Indonesia sebagai negara pertama yang menjalankannya. 

Setelah Indonesia, program ini akan digelar di negara-negara lain, seperti Hong Kong, Bangladesh, Taiwan, Thailand, Vietnam dan Korea Selatan. 

Di Indonesia, program ini akan melibatkan karyawan HSBC yang secara sukarela akan turut membacakan cerita untuk anak-anak dan juga meningkatkan membantu orang tua untuk mendukung minat baca anak-anaknya melalui  beragam kegiatan komunitas.

Chief Risk Officer HSBC Indonesia, Ildefonso Netto mengatakan, ini mencerminkan komitmen yang berkelanjutan dalam bidang pendidikan. 

“Dengan menghidupkan kembali budaya mendongeng, kami berharap dapat memperkaya proses pembelajaran bagi anak-anak Indonesia, khususnya lewat membaca,”jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement