Senin 29 Sep 2014 10:16 WIB

Pengiriman Buku Kurikulum 2013 Selesai Oktober

Rep: Niken Paramita/ Red: Esthi Maharani
Buku Kurikulum 2013
Foto: Republika/Prayogi
Buku Kurikulum 2013

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang pendidikan Musliar Kasim berjanji distribusi buku kurikulum 2013 selesai paling lambat pada Oktober mendatang. Musliar mengungkapkan keterlambatan terjadi lantaran pola ini baru pertama kali diterapkan.

"Kenapa kita adakan seperti itu karena kita ingin memberikan buku secara gratis dengan cara yang efektif dan efisien," ujar Musliar di Jakarta, Senin (29/9).

Apalagi ada sebanyak 31 perusahaan penerbit yang menjadi pemegang distribusi dengan cetakan sebanyak 245 juta buku. Perusahaan terpilih ditunjuk oleh lembaga kebijakan pengadaan barang dan jasa pemerintah (LKPP).

"Ada perusahaan yg sudah sukses ada perusahaan yg belom sukses," katanya.

Diakui Musliar, buku-buku yang dibiayai dari dana BOS ini dihargai kurang dari Rp 10 ribu. Sementara dilapangan buku yang sama dihargai sebesar Rp 40 ribu.

Namun terjadi keterlambatan proses belajar mengajar tetap berlangsung. Bagi sekolah-sekolah yang belum mendapatkan buku, kementerian sudah mengirimkan soft copy dalam bentuk CD. Guru boleh mengkopi dan membagikannya ke siswa.

"Distribusinya yang masalah. Tapi bukan berarti sekaloh yang belum mendapatkan buku pembelajarannya belum jalan, pembelajarannya sudah jalan. Sebelum tahun ajaran baru mulai kita sudah lihat gelagat buku tak akan sampai maka kita kirim ke sekolah CD," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement