Selasa 02 Sep 2014 04:46 WIB

Unsoed Jadi Tuan Rumah Program Inter-Cultural Summer Camp

Rep: eko widiyatno/ Red: Esthi Maharani
Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.
Foto: wordpress.com
Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Univrsitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, akan menjadi tuan rumah program  Inter-Cultural Summer Camp (UIS) yang dilaksanakan sejak Selasa (2/9) hingga Senin (8/9). Kegiatan yang diorganisir International Relation Office (IRO) UNSOED ini, akan diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari Jepang, Thailand, Madagaskar dan Mali.

''Kegiatan yang pertama kali digelar di Unsoed diharapkan akan makin memperkenalkan Unsoed dan juga potensi Banyumas di dunia internasional,'' kata Staf Ahli Rektor Unsoed bidang Hubungan Masyarakat, Alief Einstein, Senin (1/9).

Dia menyebutkan, program  ini akan difokuskan pada pengenalan secara langsung berbagai kebudayaan Banyumas dan berbagai bidang unggulan Unsoed yang dikemas dalam berbagai paket kegiatan.

''Selama sepekan, para mahasiswa asing tersebut akan melihat, mengenal, mempelajari dan berinteraksi secara langsung dengan segala hal yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat, mahasiswa, dan budaya serta kegiatan unggulan yang dicapai Unsoed,'' tambahnya.

Kegiatan yang sudah disiapkan oleh panitia, antara lain peserta akan dibawa mengenal kampus dan kota Purwokerto (Campus and City Tour), berlatih menari dan gamelan di sentra kebudayaan Banyumas, membuat Nopia di Kalisube, pelatihan membatik di Sokaraja, mengenal budidaya mangrove dan menjelajahi Pulau Nusakambangan serta berbagai obyek wisata di Pantai Selatan Cilacap seperti Benteng Pendem dan Teluk Penyu.  

''Pembuatan gula kelapa sebagai salah satu produk unggulan Banyumas juga dikenalkan pada para peserta, mulai dari proses pengambilan nira hingga proses pembuatannya,'' jelasnya.

Sepanjang mengikuti kegiatan ini, para peserta akan didampingi oleh panitia dan beberapa volunteer mahasiswa.  Peserta juga akan menikmati berbagai kuliner khas Banyumas selama mengikuti program ini seperti mendoan, pecel kupat, nopia, getuk goreng, dawet, sroto, lembutan, dan lain-lain.  

Program ini akan ditutup dengan berbagai penampilan budaya mahasiswa asal negara masing-masing, serta penampilan mahasiswa Unsoed sebagai tuan rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement