Rabu 30 Jul 2014 11:47 WIB

Tiga Pelatihan Ini Dibutuhkan Calon Seniman

Pengunjung melihat-lihat hasil karya seni rupa dari berbagai seniman yang di pamerkan di Galeri Nasional, Jakarta Pusat
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Pengunjung melihat-lihat hasil karya seni rupa dari berbagai seniman yang di pamerkan di Galeri Nasional, Jakarta Pusat

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Guru Besar Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar I Wayan Dibia mengatakan lembaga pendidikan tinggi seni idealnya mampu mengintegrasikan tiga jenis pelatihan yang meliputi artistik, estetik, dan kultural.

"Pelatihan artistik menyangkut berbagai kegiatan artistik yang melibatkan aktivitas psikomotorik, di antaranya melalui penciptaan, penyajian, atau menyaksikan karya seni," kata Prof. Dr. I Wayan Dibia yang juga seniman andal yang banyak menghasilkan karya-karya monumental di Denpasar, Rabu (30/7).

Ia mengatakan bahwa semua itu bertujuan untuk membangun keterampilan seni. Sementara itu, pelatihan estetik menyangkut berbagai aktivitas olah rasa yang diarahkan pada pemahaman terhadap nilai-nilai estetik. "Semua itu untuk membangun kepekaan dan ketajaman rasa serta pemahaman lainnya yang berkaitan dengan nilai seni," katanya.

Adapun pelatihan kultural, kata Wayan Dibia, untuk lebih mengutamakan pemahaman terhadap aspek kultur yang terkandung atau yang melahirkan kesenian yang bersangkutan. Oleh sebab itu, anak didik lebih banyak diarahkan untuk memahami latar belakang dan lingkungan budaya, termasuk hal-hal yang bersifat simbolik dan spiritualitas dari suatu kesenian untuk membangun kesadaran.

Dibia menjelaskan bahwa hal itu sesuai dengan pandangan ahli pendidikan seni asal Inggris, Jacqueline M. Smith-Autard, jika disandingkan dengan konsep "Satyam-Shiwam-Sundaram", yakni tiga pilar taksu atau karisma dalam tradisi budaya Bali. Maka, orientasi artistik dapat disejajarkan dengan sundaram (fisikal atau bayu), orientasi estetik dengan satyam (sabda atau sikap mental), dan orientasi kultural dengan shiwam (idep atau spiritual).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement