Senin 16 Jun 2014 14:20 WIB

34.805 Peserta Ikuti Ujian SBMPTN di USU

SBMPTN
SBMPTN

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Terdaftar 34.805 peserta akan mengikuti ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2014 di Universitas Sumater Utara (USU) di Medan, pada Selasa (17/6).

Ketua Panlok USU Prof Ir Zulkifli Nasution MSc PhD di Medan, Senin, mengatakan, seluruh peserta SBMPTN tersebut, pada hari Senin (16/6) dapat melakukan peninjauan langsung ke lokasi ujian.

Hal ini dilakukan, menurut dia, untuk menghindari para peserta tidak kebingungan atau tersesat mencari tempat pelaksanaan SBMPTN tersebut.

"Peserta ujian tersebut, juga dapat mengestimasi jarak dan berapa lama waktu tempuh dari rumah, termasuk mempertimbangkan terjadinya kemacetan," ucap Zulkifli.

Dia menyebutkan, panitia ujian hanya bisa memberikan tolerensi keterlambatan selama 30 menit setelah dimulai ujian.

"Lewat dari waktu yang telah ditentukan panitia tersebut, peserta tidak diperkenankan memasuki ruangan ujian," ujar Pembantu Rektor I USU.

Zulkifli menjelaskan, selama mengikuti ujian tulis SBMPTN ini, peserta tidak diperbolehkan membawa atau menggunakan alat komunikasi/fotografi dalam segala bentuk, baik dalam wujud telepon seluler, jam tangan, pulpen, ikat pinggang dan bentuk-bentuk lainnya.

"Semua alat komunikasi dimatikan dan disimpan di dalam tas. Barang bawaan lainnya diletakkan di depan kelas atau ruang ujian," katanya.

Selain itu, peserta juga tidak diperbolehkan membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, buku maupun catatan lain pada waktu memasuki ruang ujian.

Perlengkapan yang harus dibawa adalah Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2014 yang diperoleh pada saat menuntaskan pendaftaran online di http://pendaftaran.sbmptn.or.id.

Perlengkapan lainnya pensil hitam 2B secukupnya, rautan pensil, karet penghapus yang bersih dan lunak, dan ballpoint hitam.

"Peserta harus berpakaian rapi dan menggunakan sepatu (tidak diperbolehkan menggunakan T-Shirt/kaos oblong)," katanya.

Dia mengimbau peserta harus datang ke lokasi ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai. Tidak diperkenankan masuk ke ruang ujian sebelum ada tanda untuk memasuki ruang ujian.

"Duduk di tempat yang sudah diberi nomor ujian, tidak diperbolehkan menempati tempat duduk lain, dan meletakkan Kartu Tanda Peserta dengan pasfoto menghadap ke atas," kata Ketua Panlok USU.

Dari jumlah 34.805 peserta SBMPTN terdiri dari 15.941 kelompok Saintek, 10.489 Soshum, dan 8.375 Campuran. Daya tampung USU bagi seleksi ini sebanyak 2.556 orang atau setara dengan 30 persen dari total daya tampung USU yang akan menempati kursi pada 47 program studi S-1 reguler di universitas ini.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement