Kamis 17 Apr 2014 13:08 WIB

Tak Ada Soal UN Jokowi di Papua

Soal UN yang berisi Joko Widodo
Foto: Twitter
Soal UN yang berisi Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, SENTANI -- Soal ujian nasional (UN) Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang didalamnya mencantumkan nama calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo tak ditemukan di wilayah Papua.

Sekretaris Panitia Pelaksana UN Kabupaten Jayapura Sutrimo menjelaskan, soal yang diprotes banyak kalangan itu hanya beredar di wilayah Indonesia barat. Sementara untuk wilayah Indonesia timur khususnya Papua, soal UN-nya berbeda.

"Sistem soal UN ini sudah diperbaiki,"ujarnya, Kamis (17/4).

Pada Senin dan Rabu lalu, ditemukan soal UN berisi kutipan biografi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Soal bernada promosi nama Jokowi tersebut menuai kontroversi karena waktunya berdekatan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 yang akan dilangsungkan Juli nanti.

Dia menambahkan, sistem soal UN di Papua pun  dibuat berbeda antara 1 dengan lainnya, dan soal UN ini pun sudah terintegrasi dengan nama dan nomor peserta UN. Sehingga, antar siswa tidak bisa saling contek, sebab pasti jawabannya berbeda.

Hanya, Sutrismo mengungkapkan ada beberapa kerusakan yang ditemukan di beberapa soal Ujian Nasional (UN) untuk mata pelajaran Matematika dan Kimia. Temuan tersebut ada di Kabupaten Jayapura, Papua.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement