Rabu 16 Apr 2014 18:41 WIB

Mahasiswa Sayangkan Muncul Jokowi di Soal UN

Soal UN yang berisi Joko Widodo
Foto: Twitter
Soal UN yang berisi Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Puluhan mahasiswa Universitas Riau berunjuk rasa untuk mengkritisi dugaan politisasi pendidikan terkait munculnya profil bakal calon presiden Joko Widodo atau Jokowi di soal Ujian Nasional (UN) 2014.

Mahasiswa Universitas Riau dengan mengenakan almamater warna biru muda menggelar orasi lengkap dengan spanduk dan poster bertuliskan kecaman terhadap politisasi dalam soal UN, di depan kantor Gubernur Riau di jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Rabu. Salah satu poster bahkan dengan tegas menuliskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M. Nuh, harus mundur dari jabatannya untuk mempertanggungjawabkan kasus tersebut.

"Aksi ini tidak ada dorongan dari partai politik. Ini adalah bentuk keprihatinan kita karena kuat dugaan ada politisasi dalam soal UN yang menggiring opini siswa secara tidak langsung dan mendoktrin untuk mencitrakan sosok tertentu," kata Presiden BEM Universitas Riau, Zulfa Hendri.

Mahasiswa juga mengkritisi pernyatakaan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, Musliar Kasim, yang pada Selasa lalu (15/4) menyatakan munculnya soal Jokowi tidak ada unsur politis dan sudah dibuat jauh sebelum yang bersangkutan diusung PDI-P sebagai bakal calon presiden.

"Kita tidak kritik Jokowi-nya, tapi sistem di Kemendikbud yang diduga ada motif terselubung karena pembuatan soal ini bukan proses yang sembarangan dan kami menduga ada motif politik tertentu," katanya.

Mahasiswa menduga soal itu sengaja didesain untuk mendoktrin siswa peserta UN yang termasuk dalam pemilih pemula dalam Pemilu Presiden tahun ini. Mahasiswa menyayangkan belum adanya tindakan tegas dari pemerintah terhadap kasus ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement