Senin 14 Apr 2014 14:03 WIB

Menag Jamin Tak Ada Kebocoran Soal UN di Madrasah

Rep: Amri Amrullah/ Red: A.Syalaby Ichsan
Menteri Agama Suryadharma Ali.
Foto: Republika/Aditya P Putra
Menteri Agama Suryadharma Ali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Isu bocoran soal ujian nasional (UN) kembali mencuat pada penyelenggaraan UN tahun ini. Namun Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali memastikan tidak ada kasus kebocoran soal UN di setiap madrasah di seluruh Indonesia.

Dia menjelaskan, tahapan penyusunan soal hingga pendistibusian soal untuk madrasah terkawal baik. Karenanya, Menag meminta siswa Madrasah tidak terpancing dengan informasi jawaban bocoran soal UN yang bisa saja menyebar diantara siswa. 

"Kalau isu soal bocor itu bisa saja. Tapi realitanya tidak ada soal yang bocor," ujar Menag saat meninjau pelaksanaan UN di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4, Jakarta, Senin (14/4).

Menurutnya, distribusi soal pada lokasi ujian sangat terjamin keamanannya. Sehingga informasi kebocoran soal itu tidak bisa dipercaya. Siswa MA pun diminta tidak terjebak informasi tersebut dan harus lebih percaya diri menjawab soal ujian. 

Suryadharma juga mengharapkan tingkat kelulusan siswa Madrasah Aliyah pada UN 2014 meningkat. Ditargekan tahun ini angka kelulusan mencapai 99,85 persen. Adapun jumlah peserta UN Madrasah Aliyah tahun ini sebanyak 376.624 siswa. Jumlah itu meningkat 42.879 siswa dari tahun lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement