Sabtu 30 Nov 2013 10:26 WIB

Pendiri Kampung Belajar Raih Anugerah Peduli Pendidikan 2013

  Roni Tabroni (tengah) menerima Anugerah Peduli Pendidikan 2013 dari Menteri Pendidikan M Nuh.
Foto: dokpri
Roni Tabroni (tengah) menerima Anugerah Peduli Pendidikan 2013 dari Menteri Pendidikan M Nuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Kampung Belajar, Roni Tabroni meraih Anugerah Peduli Pendidikan (APP) Tahun 2013 dari Kementerian Pendidikan Nasional. Kampung belajar merupakan program pemberdayaan masyarakat pedesaan di bidang pendidikan.

Roni meraih APP 2013 untuk kategori individu yang dinilai berjasa mengembangkan dunia pendidikan. Anugerah Peduli Pendidikan diserahkan langsung Menteri Pendidikan Nasional, M Nuh di Jakarta, Jumat (29/11) malam.

''Alhamdulillah, penghargaan ini akan terus memacu semangat kami untuk terus mendirikan Kampung Belajar di seluruh wilayah Indonesia,'' ujar Roni kepada ROL, Sabtu (30/11).

Saat ini, Kampung Belajar yang dikelola secara swadaya telah berdiri di empat lokasi di Jawa Barat. Kampung Belajar, kata Roni, telah menjadi 'obor peradaban' bagi anak-anak di Kampung Bungur, Desa Mandalasari, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat; Kampung Calincing, Rt/Rw 02/03 Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya; Kampung Dukuh Badag, Desa Dukuh Badag, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan; serta Kampung Warung Bungur Kecamatan Skaraja Kabupaten Tasikmalaya.

''Kehadiran Kampung Belajar telah melejitkan semangat belajar anak-anak tak mampu di pedesaan,'' tutur dosen Universitas Sangga Buana YPKP Bandung itu.

Kampung Belajar merupakan program TEPAS Institute, sebuah lembaga independen yang didirikan sejak tahun 2000. Sebelumnya, Roni juga pernah menjadi finalis Liputan 6 Award yang dihelat SCTV dan meraih sejumlah penghargaaan atas jasanya mengembangkan dunia pendidikan di kawasan pedesaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement