Ahad 01 Sep 2013 10:14 WIB

Peringkat LIPI di Webomatrics Turun

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Fernan Rahadi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringkat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) versi Webomatrics, pada 2013 mengalami penurunan. Pada Januari 2013, LIPI berada di urutan 56. Namun, pada Juli 2013 turun menjadi peringkat 107 untuk kategori lembaga riset.

''Penurunan ini, tidak berarti kinerja kami menurun. Tapi, disebabkan oleh banyaknya lembaga riset lain yang mulai masuk perhitungan Webomatrics,'' ujar Kepala LIPI, Lukman Hakim, kepada wartawan belum lama ini.

Menurut Lukman, lembaga riset yang mulai masuk dalam perhitungan Webomatrics terutama berasal dari Jepang. Lembaga tersebut, menempati posisi 100 besar dunia. Di sisi lain, kata dia, peringkat Webomatrics ini semakin diperhitungkan oleh banyak kalangan. Sehingga, banyak lembaga riset yang berlomba-lomba berusaha masuk ke dalamnya.

Walaupun posisi di Webomatrics turun, menurut Lukman, di tingkat Indonesia dan kawasan ASEAN, posisi LIPI saat ini masih termasuk yang terbaik. ''Kami akan berusaha menaikkan kembali peringkat tersebut. Saya yakin, dalam waktu tidak terlalu lama, bisa meningkatkan kembali peringkat LIPI,'' katanya.  

Dikatakan Lukman, Webomatrics bukan lah segalanya. Namun, hanya menjadi salah satu dari sekian banyak indikator yang harus diperhatikan. Di antaranya, LIPI harus memperhatikan jumlah publikasi ilmiah untuk terus ditingkatkan. Meskipun saat ini LIPI menjadi kontributor terbesar dari karya ilmiah nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement