Jumat 26 Jul 2013 17:54 WIB

4 Siswa Indonesia Raih Medali Olimpiade Kimia di Rusia

Rep: Fenny Melisa/ Red: Mansyur Faqih
Seleksi Olimpiade Kimia
Foto: Republika/MJ03
Seleksi Olimpiade Kimia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Empat siswa SMA Indonesia berhasil meraih tiga medali perak dan satu medali perunggu pada Olimpiade Kimia Internasional (International Chemistry Olimpiad/IChO) ke-45 di Moskow, Rusia, pada 15-24 Juli 2013.

Berdasarkan rilis resmi laman panitia penyelenggara, tiga medali perak diraih oleh Ryan Bagus Fitradi (SMAN 81 Jakarta), Ivan Kurniawan (SMAN 1 Purwokerto), dan Putu Ivan Budi Gunawan (SMAN 4 Denpasar). Sementara medali perunggu diraih oleh Jason Mahadika Nathanael (SMAK Penabur, Gading Serpong).

Ketua Delegasi Indonesia, Riwandi Sihobing menjelaskan, penyelenggaraan IChO berlangsung di Moscow State University. Kompetisi ini merupakan partisipasi Indonesia yang ke-16 dan diikuti oleh 291 siswa dari 73 negara peserta aktif serta empat negara pemantau.

Soal kimia yang disajikan oleh tuan rumah khas dengan tradisi Rusia yang unik dan rumit. Serta memerlukan imajinasi berbasis pengetahuan kimia. "Dalam menjalani ujian praktik dan teori, siswa Indonesia telah berusaha keras dan maksimal untuk dapat menyelesaikannya," kata Riwandi.

IChO merupakan kompetisi kimia tahunan tingkat dunia yang diikuti siswa SMA terbaik dari setiap negara peserta. Dalam kompetisi ini, setiap siswa menghadapi ujian tertulis kemampuan teori pengetahuan kimia dan keterampilan praktik masing-masing selama lima jam. 

"Tanpa kerja keras dan serius, tidak mungkin mereka memperoleh penghargaan dan penilaian yang cukup tinggi di tingkat dunia," tutur Riwandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement