Jumat 24 May 2013 13:56 WIB

Peserta UN SMA/SMK Bogor Lulus Semua

 Beberapa siswa melakukan aksi corat-coret saat pengumuman kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA di SMA Negeri 1 Jakarta, Sabtu (26/5). (Prayogi/Republika)
Beberapa siswa melakukan aksi corat-coret saat pengumuman kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA di SMA Negeri 1 Jakarta, Sabtu (26/5). (Prayogi/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--Tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) tingkat SLTA tahun ajaran 2012/2013 di Kota Bogor Jawa Barat sangat memuaskan yakni mencapai 100 persen.

"Alhamdulillah, tingkat kelulusan tahun ini meningkat menjadi 100 persen, seluruh siswa yang berjumlah 18.711 lulus semua," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Fetty Qondarsyah di Bogor, Jumat.

Fetty menyebutkan bahwa jumlah siswa yang mengikuti UN 2013 sebanyak 18.711 siswa terdiri dari sekitar 6.000 an siswa SMA, 11.315 siswa SMK dan 900 lebih siswa SMK.

Menurut Fetty, tingginya kelulusan siswa tahun ini tidak terlepas dari usaha dan upaya para siswa dan guru dalam mendukung pelaksanaan UN.

"Kami sangat bersyukur, tingkat kelulusan cukup tinggi, meskipun ada perbedaan jenis soal di tiap ruangan hingga 20 soal berbeda," katanya.

Lebih lanjut Fetty menjelaskan bahwa kelulusan siswa juga berkaitan dengan penilaian kelulusan. Bobot kelulusan dihitung 40 persen dari nilai sekolah dan 60 persen dihitung dari nilai ujian sekolah.

Dengan gabungan antara nilai ujian sekolah dan nilai rata-rata rapot semester 3,4 dan 5 (SMA) dan semester 1 sampai dengan 5 (SMK dan SMP) dan semester 7 hingga 11 untuk tingkat SD.

"Kami berharap kelulusan SLTP dan SD juga bernilai sama, sehingga siswa dapat merasa lega," katanya.

Fetty menambahkan, dari angka tersebut belum termasuk dengan peserta didik dari program Paket C sebanyak 1200 peserta didik yang akan mengikuti ujian periode II pada tanggal 1-4 Juli ke depan.

Selain itu, peserta didik juga telah menyelesaikan seluruh program pendidikan, dinyatakan lulus aspek moral dan ahlak, lulus ujian sekolah dan lulus ujian nasional.

Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Kota Bogor Agus Suherman menambahkan, mengatakan bahwa angka kelulusan di atas diharapkan menjadi nilai terbaik se-Jawa Barat.

"UN pada tahun ini Kota Bogor meluluskan siswa sebanyak 18.711 siswa. Mudah-mudahan menjadi nilai terbaik se-Jabar," ujarnya Agus.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement