Wednesday, 7 Zulhijjah 1435 / 01 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Tingkat Kelulusan UN SMA Palangkaraya Capai 99 Persen

Friday, 24 May 2013, 13:52 WIB
Komentar : 2
Republika/ Yasin Habibi
Ujian Nasional
Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID,PALANGKARAYA--Tingkat kelulusan ujian nasional (UN) sekolah menengah atas (SMA) di Provinsi Kalimantan Tengah cukup membanggakan.

Untuk SMA/MA jurusan bahasa Indonesia mencapai 100 persen, IPA 99,49 persen, IPS 98,36 persen dan SMK 99,61 persen, kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Kalteng Drs Guntur Talajan di Palangka Raya, Jumat.

Ia mengatakan, siswa SMA sederajat yang mengikuti UN tahun ajaran 2012-2013 sebanyak 22.355 orang. "Sekarang ini kami menunggu pengumpulan data siswa yang lulus ataupun tidak lulus di setiap sekolah di Kabupaten kota se Kalteng. Pada dasarnya tingkat kelulusan mencapai 99 persen," ujar Guntur Talajan.

Hasil pengumuman UN telah diambil dari Kementerian Pendidikan dan Kebudaayaan (Kemendikbud) kemudian langsung diserahkan ke Dinas Pendidikan yang ada di provinsi dengan julukan "Bumi Tambun Bungai" itu.

Guntur Talajan memberikan apresiasi terhadap hasil kerja keras para kepala sekolah, tenaga pengajar maupun para siswa SMA yang telah berjuang keras menyelesaikan UN dan mengharumkan Kalteng dengan tingkat kelulusan mencapai 99 persen.

"Kepada siswa yang dinyatakan belum lulus agar tidak perlu bersedih apalagi sampai tindakan yang tidak diinginkan. Juni 2013 akan diadakan ujian Paket C dan bisa diikuti siswa atau siswi yang belum lulus," ujar Guntur Talajan.

Ia mengharapkan agar para siswa tidak melakukan aksi mencoret seragam mengekspresikan kegembiraan saat pengumuman hasil UN. Sebab seragam akan lebih berguna apabila dikumpulkan dan disumbangkan kepada siswa yang membutuhkan.

Ia mengatakan Disdik Kalteng maupun pihak sekolah tidak dapat melarang para siswa untuk melakukan aksi mencoret seragam karena dilakukan di luar sekolah.

"Memang masih ada terlihat tapi mau bagaimana lagi semua usaha telah diupayakan agar tidak mencoret seragam," demikian Guntur.

Redaktur : Taufik Rachman
Sumber : antara
Seorang wanita masuk neraka karena mengikat seekor kucing tanpa memberinya makanan atau melepaskannya mencari makan dari serangga tanah((HR. Bukhari))
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
'Warna Tajam' Pesona Khas Batik Madura
Madura -- Tak hanya dikenala sebagai penghasil garam, ternyata Madura juga memiliki batik yang mempesona. Salah satu perajin batik, Siti Maimona mengatakan warna...

Berita Lainnya

Siswa SMAN 1 Solo Raih Nilai Rata-Rata UN 9,78

Tingkat Kelulusan SMA di Jateng Menurun