Jumat 05 Apr 2013 01:50 WIB

Obama Sediakan 22 Ribu Kursi untuk Indonesia

Barack Obama
Foto: AP Photo/Charles Dharapak
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyediakan 22 ribu kursi bagi masyarakat Indonesia, yang ingin melanjutkan pendidikan di negara tersebut.

"Presiden Obama menyediakan sedikitnya 22 ribu kursi bagi masyarakat Indonesia yang mau belajar di AS," kata Konsuler Konsulat Jenderal (Konjen) AS Chris Santoro, ketika dihubungi via telepon di Ambon, Kamis (4/4).

Ia mengatakan, disediakannya 22 ribu kursi bagi orang Indonesia untuk belajar di AS merupakan salah satu bentuk dari hubungan kerjasama antara Pemerintah AS dengan Pemerintah Indonesia, khususnya di bidang pendidikan.

Akan tetapi jumlah 22 ribu kursi yang disediakan oleh Presiden Obama belum terisi penuh seperti yang diharapkan, karena baru 8.210 orang Indonesia yang belajar di AS saat ini. "Hanya 8.210 orang Indonesia yang belajar di Amerika saat ini, belum sesuai yang ditargetkan," katanya.

Menurut Santoro, sangat sedikit masyarakat Indonesia bagian timur yang belajar di AS, kebanyakan orang Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di AS berasal dari Pulau Jawa dan Bali. Hal ini terlihat dari jumlah permintaan pembuatan visa pelajar di Konjen AS di Surabaya.

"90 persen pelajar Indonesia yang belajar di Amerika berasal dari Jawa dan Bali, hanya 10 persen yang berasal dari Indonesia Timur," ucapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement