Rabu 27 Mar 2013 08:01 WIB

Mau Lulus Ujian Nasional? Perbanyak Latihan Soal

Rep: Fenny Melisa / Red: M Irwan Ariefyanto
Ujian Nasional tingkat SMA
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Ujian Nasional tingkat SMA

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Memperbanyak latihan soal ternyata dapat menjadi penentu kelulusan Ujian Nasional (UN). Pemerhati pendidikan Saufi Sauniwati mengatakan dengan semakin sering siswa berlatih soal sesuai kisi-kisi UN maka akan semakin mudah pula menjawab soal pada ujian sebenarnya.

Soal yang dilatih, Saufi mengungkapkan, bisa berasal dari buku-buku latihan soal yang saat ini banyak beredar atau pun memanfaatkan portal-portal yang berisi soal-soal UN. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih buku-buku soal ataupun portal tersebut yaitu soal yang disajikan harus sesuai dengan kisi-kisi dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). "Pilih buku kumpulan soal atau portal yang sesuai kisi-kisi BNSP. Disamping itu, pilih yang mampu mengevaluasi langsung dalam artian dapat segera diketahui hasil dari menjawab soal-soal tersebut," kata Saufi, Selasa (26/3).

Saufi mengungkapkan memperbanyak latihan soal dapat meningkatkan jembatan memori dalam otak. Semakin sering menjawab soal,  maka jembatan memori akan semakin terbentuk.  "Artinya semakin sering latihan soal UN maka memori tentang soal UN dan bagaimana menjawabnya juga  bagaimana menganalisa kesalahannya akan terbentuk," kata Saufi.

Terdapat tiga jenis sifat soal ujian yaitu evaluatif, sumatif, formatif. Saufi mengungkapkan jenis evaluatif yang umumnya diterapkan pada UN.  "Evaluatif merupakan teknik soal  yang tidak hanya untuk menilai kemampuan guru dan siswa tapi juga kebijakan pemerintah," kata Saufi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement