Selasa 12 Feb 2013 11:11 WIB

480 Sekolah di Sumbar Daftar SNMPTN 2013

SNMPTN 2013
SNMPTN 2013

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG--Sebanyak 480 Sekolah Menengah Atas (SMA), Kejuruan (SMK) dan Madrasah (MA) dari 623 sekolah di Sumatera Barat (Sumbar) telah terdaftar dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013 hingga penutupan Senin (11/2).

"Kesemua siswa sekolah tersebut telah memenuhi persyaratan untuk dapat mengikuti proses SNMPTN jalur undangan," kata panitia SNMPTN 2013 wilayah Sumbar Eriyanti di Padang, Selasa.

Dari 480 SMA/SMK/MA itu tercatat sebanyak 5.798 orang siswa akan mengikuti proses verifikasi data yang telah dimulai sejak 1 Februari lalu. Dalam verifikasi ini siswa dapat menentukan program studi serta Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihannya.

Pada proses ini kata Eriyanti, siswa dituntut lebih cermat dalam menentukan PTN yang diinginkannya. Proses pemasukan data ini akan menentukan lolos atau tidaknya seorang siswa tersebut dalam SNMPTN 2013 jalur undangan.

Sementara itu, Wakil Rektor Universitas Andalas Padang Febrin Anas Ismail mengimbau pada siswa peserta SNMPTN 2013. Untuk lebih bijak dan mengukur kemampuan diri untuk memilih PTN yang diinginkannya.

"Ada Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan verifikasi data" katanya. Pertama tentunya kuota yang dimiliki oleh PTN tersebut selain pertimbangan kemampuan diri. Febrin menganalogikan jika Siswa memilih PTN favorit dengan kuota tertentu.

Maka yang harus menjadi pemikiran adalah tingkat persaingan nilai dengan siswa dari daerah lain. Pada kuota demikian mampukah seorang siswa tersebut mampu bersaing dalam hal indeks prestasi, kata dia.

Kemudian yang kedua masalah prestasi sekolah dalam berbagai tingkat atau akreditasinya. Sekolah yang memiliki prestasi dan terakreditasi baik kemungkinan akan lebih diutamakan. "Ini Menjadi salah satu bahan evaluasi PTN dalam seleksi mahasiswa nantinya," imbuhnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement