Selasa 12 Feb 2013 10:47 WIB

UN 2013 Miliki 20 Paket Soal

Ujian Nasional tingkat SMA
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Ujian Nasional tingkat SMA

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM--Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB H Lalu Syafi'i mengatakan soal UN untuk tingkat SMA/MA dan SMK pada tahun ajaran 2013 telah ditetapkan sebanyak 20 paket.

Dengan paket yang semakin banyak bisa dipastikan bahwa masing-masing peserta soalnya tidak sama, berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya hanya lima paket.

Dia mengatakan, soal ujian di masing-masing ruangan ujian berbeda, artinya tiap peserta akan mendapatkan isi teks soal yang berbeda dengan yang lainnya.

Syafi'i mengatakan, kriteria kelulusan pada UN 2013 untuk SMA/MA dan SMK sama dengan tahun sebelumnya, yakni 60 persen hasil UN dan 40 persen ujian sekolah.

Ia mengatakan, yang berbeda pada UN 2013 adalah kalau pada 2012 ujian kesetaraan regulasinya sama, maka pada 2014 baik regulasi maupun prosedur operasional standar (POS) sama dengan UN.

"Pada 2013 keterlibatan perguruan tinggi pada pelaksanaan UN tersebut lebih luas, mulai dari persiapan, penyiapan pengawas, pengumuman dan pembuatan laporan," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement