Thursday, 8 Zulhijjah 1435 / 02 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

SMKN 3 Yogyakarta Jadi Sentra Perakitan Lampu LED

Wednesday, 30 January 2013, 14:55 WIB
Komentar : 1
Lampu LED
Lampu LED

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA - SMK Negeri 3 Yogyakarta khususnya jurusan Audio Video akan menjadi tempat perakitan dan service center lampu LED di bawah lisensi   PT Jogja Pasthika Daya - PT Greenlinecare Jakarta. Kerjasama ini untuk mewujudkan  bisnis center.

Hal itu dikemukakan Kepala Sekolah SMK Negeri  3 Yogyakarta Aruji Siswanto dalam memberikan sambutan pada acara Launching  Program Teaching Factory  Lampu LED  yang bekerjasama Pasthika Daya - PT Greenlinecare Jakarta, di Aula SMK Negeri 3 Yogyakarta, Rabu (30/1).

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara PT Jogja Pasthika Daya (JPD) yang diwakili Presiden Direktur PT JPD Nizar Rahman dan Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Yogyakarta Aruji Siswanto.

Dengan adanya teaching factory ini SMK Negeri 3 diharapkan mendapatkan bibit produksi yang sesungguhnya menjadi satu ikon utama di sekolah menengah kejuruan. Yakni para siswa tidak hanya dibekali pengetahuan, keahlian dan kompetensi, melainkan yang diutamakan setelah tamat sekolah mereka mampu mengaplikasikan, menerapkan segala sesuatu yang terkait dengan praktek untuk bekerja mandiri di dunia industri, ungkap Aruji.

''Impian kami untuk mewujudkan sebuah perusahaan di tengah kampus SMK Negeri 3 Yogyakarta akhirnya bisa terwujud. Hal ini merupakan pertama kali kerjasama SMK Negeri 3 dengan industri terkait sebagai ajang pembelajaran dan menempa praktek di bidang elektronik. Harapan kami Insya Allah akan kami wujudkan kerjasama dengan perusahaan lain yang terkait dengan selain jurusan  elektronik,''tuturnya.

Sementara itu Presdir JPD Nizar Rahman mengatakan perusahaannya di samping mengejar profit, juga ingin mengembangkan SDM lokal. ''Alhamdulillah di Yogyakarta berhasil kami temukan SMK Negeri 3 untuk bekerjasama dalam bidang perakitan lampu LED. Lampu LED ini keunggulannya terjadi penghematan 60 persen dibandingkan lampu biasa,''kata dia.

Selanjutnya Consultan Enginerng JPD Aria Purbaya mengatakan keunggulan LED ini ramah lingkungan karena tidak mengandung merkuri, serta bisa dipakai seumur hidup. ''Jadi apabila rusak bisa diperbaiki,''jelas dia.

Bagian Training Production JPD Monita Indrayanti mengatakan kerjasama sejenis juga telah dilakukan dengan SMK di Palembang. Dia berharap nantinya pemerintah daerah membeli  produk lokal yakni LED yang diproduksi oleh para siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta . Seperti halnya produk yang dibuat oleh SMK di Palembang dibeli oleh Pemerintah Daerah Sumatera Selatan.

Reporter : yulianingsih
Redaktur : Taufik Rachman
Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur(HR. Thabrani)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar