Senin 11 Feb 2019 08:43 WIB

Uhamka Promosikan Pendidikan Indonesia di Thailand

Festival ini dapat menjadi tempat berkumpulnya para seniman Melayu

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani
uhamka universitas muhammadiah Prof Dr HAMKA
Foto: dok.uhamka
uhamka universitas muhammadiah Prof Dr HAMKA

REPUBLIKA.CO.ID, YALA -- Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) ikut berpartisipasi dalam acara Melayu Day Of Yala ke-6 yang diselenggarakan di Taman Gajah Putih Yala, Thailand pada tanggal 8-10 Februari 2019. Dalam acara tersebut, Uhamka mempromosikan pendidikan Indonesia dan mempererat kerjasama dengan pemerintah serta perguruan tinggi di Malaysia dan Thailand Selatan.

Festival yang diselenggarakan ini dapat menjadi tempat berkumpulnya para seniman Melayu dari Thailand, Indonesia, Malaysia dan Brunai Darusalam. Festival ini juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi pendidikan dan budaya Indonesia, sehingga budaya Melayu Indonesia bisa dikenal di tengah-tengah komunitas Internasional.

"Dalam acara ini Pemerintah Kota Yala berkerja sama dengan KJRI Di Songkhla menyediakan booth pameran bagi setiap Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) untuk mempromosikan kampusnya masing-masing, termasuk Uhamka," ujar Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Uhamka, Purnama Syaepurohman dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (11/2).

Selain itu, festival tersebut juga memberikan kesempatan mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah untuk unjuk kebolehan dalam hal seni Melayu. Karena itu, Uhamka mengirimkan dua orang mahasiswanya dalam kegiatan festival tersebut yaitu Fendriano Mafrandana dan Bymie Islamiati.

Fedriano tampil dengan membawakan lagu berjudul 'Sudahlah', Zapin Melayu dan Tarian nandhak Betawi. Sedangkan Islamiati menyanyikan lagu Ijuk dan Laksmana Raja di Laut. Kedua mahasiswa tersebut didampingi langsung oleh Purnama Syaepurohman dan Ketua Pusat Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (P3KA) Uhamka, Gilang Kumari Putra.

Dalam kegiatan Melayu Day ke-6 Yala 2019 ini, Gilang Kumari berharap Uhamka dapat lebih meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan dengan Thailand dan negara serumpun lainnya. "Sehingga akan lebih banyak mahasiswa Internasional untuk dapat merasakan pendidikan di Uhamka dan mengembirakan dakwah persyarikatan Muhammadiyah," kata Gilang.

Sebagai informasi, Melayu Day Of Yala ke-6 merupakan festival tahunan sejak tahun 2014 yang diseleggarakan oleh Pemerintah Kota Yala, Thailand. Melayu Day kali ini diikuti oleh Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam untuk mempromosikan budaya Melayu dari masing - masing negara. Melayu Day Of Yala diadakan pada tanggal 8 - 10 Februari 2019 di Taman Gajah Putih Yala, Thailand.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement