Kamis 30 Aug 2018 15:35 WIB

Pendaftaran Online Scholarship Competition Dibuka

Sebanyak 360 kuota beasiswa senilai Rp 30 miliar dari 18 PTS

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani
Beasiswa
Foto: ist
Beasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 360 kuota beasiswa senilai Rp 30 miliar dari 18 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) favorit di Jawa hingga Sulawesi siap diperebutkan dalam program Online Scholarship Competition (OSC) 2018.  Pendaftaran melalui situs osc.medcom.id resmi dibuka hari ini Kamis, 30 Agustus 2018.

Direktur Utama Medcom.id, Mirdal Akib mengatakan era revolusi industri 4.0 menuntut seluruh bidang kehidupan untuk adaptif terhadap perubahan, tidak terkecuali dunia pendidikan.  Di era disrupsi teknologi ini, pesatnya dunia digital dalam menguasai jagat informasi juga semakin tidak dapat dihindari.

“Kami sadar bahwa seluruh anak muda pasti punya mimpi untuk masa depan yang lebih baik. Untuk itu kami ingin turut serta dalam mempermudah anak muda Indonesia mewujudkan mimpi-mimpinya," tegas Mirdal dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/8).

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Didin Wahidin menilai beasiswa ini tidak hanya positif, namun juga diyakini mampu membantu pemerintah dalam mendongkrak Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi.

Didin mengatakan, kementeriannya mendapat amanah untuk meningkatkan APK pendidikan tinggi yang sekarang masih berada di angka 32 persen.  Salah satunya dengan menggunakan anggaran fungsi pendidikan yang ada di Kemenristekdikti, agar lulusan SMA dan SMK sederajat dapat mengakses pendidikan tinggi melalui jalur beasiswa.

"Kemenristekdikti memiliki beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik), beasiswa Prestasi Ekstrakurikuler, dan lain sebagainya," sebut Didin.

Untuk diketahui, OSC adalah Kompetisi beasiswa daring di Indonesia yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh portal berita dan video Medcom.id.  Beasiswa OSC ke-4 yang diluncurkan pada 30 Agustus 2018 ini hadir untuk memberikan kemudahan bagi putra putri Indonesia, agar dapat melanjutkan pendidikan hingga S1, dengan menggunakan beasiswa yang diberikan perguruan tinggi swasta yang bekerja sama dengan OSC.

Dengan OSC peserta tidak lagi perlu datang ke kampus atau universitas untuk mendaftarkan diri dan mengikuti tes secara langsung.  Dengan sistem online, OSC mempersingkat dan mempermudah keseluruhan proses, mulai dari pendaftaran, hingga tes tahap awal dilakukan melalui sistem online.

Berikut ke-18 PTS pemberi beasiswa di program Beasiswa OSC 2018:

1. Universitas Fajar (Unifa) Makassar

2. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)

3. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka)

4. Unika Atma Jaya Jakarta

5. President University

6. Universitas 17 Agustus 1945

7. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)

8. Universitas Islam Malang (Unisma)

9. Universitas Gajayana

10. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)

11. Universitas Maranatha

12. Telkom University

13. Institut Teknologi Nasional (Itenas)

14. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

15. Universitas Trisakti

16. Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI)

17. Universitas Mercu Buana

18. Universitas Gunadarma   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement