Selasa 07 Aug 2018 10:50 WIB

Thailand Janjikan Beasiswa Bidang Pertanian untuk UMM

Sejak lama FPP telah kerjasama dengan pihak Thailand dalam bidang pertanian.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Esthi Maharani
Pertanian
Pertanian

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Thailand menjanjikan peluang beasiswa bidang pertanian untuk Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Hal ini diungkapkan jajaran Legislatif Komisi Pendidikan dan Olahraga Thailand di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada Kunjungan Kerja, belum lama ini.

Di tengah acara, kedua belah pihak berdiskusi tentang keberlanjutan kerjasama antara UMM dan Thailand. Pada sesi pembuka diskusi, Wakil Pertama Komisi Pendidikan dan Olahraga Charlermchai Boonyaleepun menyampaikan ulasan tentang bagaimana pendidikan dapat menjawab tantangan Industri 4.0.

"Pendidikan adalah jembatan terbaik untuk mempersiapkan sumber daya manusia, menjawab era industri. Saya yakin kampus ini memiliki program khusus untuk itu," paparnya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Rektor UMM Fauzan memaparkan berbagai program di UMM yang telah diintegrasikan dalam aktivitas mahasiswa. Fauzan menyadari bagaimana industri saat ini menuntut profil lulusan yang memenuhi revolusi industri. Oleh sebab itu, pihaknya sudah mempersiapkan banyak program untuk mencapai target tersebut.

Sementara itu, Fauzan juga menyampaikan harapannya untuk bisa bekerjasama dengan Thailand di bidang Pertanian. Ia menyampaikan, saat ini Thailand dapat menjadi salah satu kiblat pertanian di kawasan ASEAN. "Kami di UMM hingga saat ini sedang aktif membuat banyak kerjasama-kerjasama dengan pihak Thailand di ranah pertanian," tambahnya melalui keterangan resmi yang diterima Republika, Selasa (7/8).

Senada dengan Rektor UMM, Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) David Hermawan menyatakan, sejak lama FPP telah kerjasama dengan pihak Thailand dalam bidang pertanian. Saat itu sudah ada dua dosen alumni Thailand UMM dan satu mahasiswanya yang tengah magang. Ia pun berharap,  kerjasama lain khususnya dalam bidang pertanian dapat kembali dijalin.

Rencana tersebut didukung penuh oleh Ketua Komisi Pendidikan dan Olahraga Thailand Tuang Untachai.  Ia menjanjikan,  hal tersebut akan dibawa pada diskusi bersama di legislatif Thailand. “Usulan dan rencana untuk menyediakan peluang belajar dan bekerjasama dalam bidang pertanian di Thailand yang disampaikan oleh Bapak Dekan (David Hermawan) akan kami bawa pada rapat bersama legislatif,” terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement