Sabtu 30 Jun 2018 01:22 WIB

Mahasiswa UMM Ini Langganan Juara 1 LKTI Nasional

Ketertarikannya pada penulisan karya ilmiah muncul sejak masuk universitas

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Esthi Maharani
Mahasiswa berprestasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Samsul Arifin.
Foto: Istimewa
Mahasiswa berprestasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Samsul Arifin.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Rasa cintanya pada dunia menulis membuat Samsul Arifin mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meraih banyak prestasi. Mahasiswa asal pulau garam Madura ini, sejak 2014 silam telah akrab dengan pencapaian gemilang, khususnya dalam penulisan karya ilmiah.

April lalu, Samsul bersama teman-teman satu timnya ikut serta dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional (LKTI) yang diadakan di Universitas Negeri Jakarta. "Awalnya kami daftar hanya untuk iseng saja, coba-coba mengumpulkan paper," tutur Samsul.

Keisengan tersebut ternyata membawa Samsul dan timnya menjadi Juara 1 dalam ajang tersebut. Mereka berhasil unggul dari empat perguruan tinggi lain yang memilih tema pembahasan yang sama.

Dari sejumlah tema, timnya lebih memilih topik ihwal pengembangan media pembelajaran. Mengusung konsep konvensional, Samsul dan tim justru berhasil mencuri perhatian para juri. Mereka satu - satunya finalis yang tidak membuat model pembelajaran dengan sistem telepon pintar.

Tim Samsul mempresentasikan media pembelajaran inkuiri di mana para siswa dituntut untuk mampu menemukan materi pembelajarannya sendiri. Mereka membuat modul yang dilengkapi dengan preparat anatomi tumbuhan. Tidak disangka, media ini yang mengantarkan Samsul dan timnya meraih Juara.

"Awalnya kami minder, rasanya pengen pulang duluan pas liat pesaingnya," tegasnya melalui keterangan resmi yang diterima Republika.

Sebelumnya, Samsul juga telah mengikuti berbagai lomba serupa. Ketertarikannya pada penulisan karya ilmiah muncul sejak pertama kali masuk universitas. Serius dengan minatnya, Samsul mengikuti LKTI untuk pertama kali di Universitas Brawijaya pad 2014. Tidak disangka, momen ini menjadi langkah awal rangkaian prestasinya di bidang karya tulis ilmiah. Pengalaman pertama kali itu malah membuatnya terpilih sebagai juara favorit.

Euforia yang dirasakan saat itu membuatnya semakin bersemangat mengirimkan tulisan - tulisannya ke berbagai perlombaan. Meski demikian, ia sempat memutuskan untuk berhenti karena tulisannya tidak kunjung lolos. Namun karena banyak orang terdekat mendukung, dia akhirnya mau mulai membuat karya tulisan kembali.

Tahun lalu, Samsul juga berhasil menjadi juara 3 LKTI tingkat Nasional yang diadakan di Universitas Mulawarman. Akrab dengan prestasi, ia mengajak teman - teman dan juga adik tingkat untuk terus berkarya dan berprestasi. Samsul sendiri mentargetkan diri untuk dapat kembali berprestasi, utamanya di tingkat yang lebih luas.

“Ke depan saya berharap bisa mempresentasikan hasil karya di ajang internasional,” katanya.

Dosen Pembimbing Samsul di Prodi Pendidikan Bilogi UMM. Husamah mengaku bangga atas prestasi mahasiswanya. Dia menilai apa yang sudah dicapai anak didiknya saat ini hasil dari usaha bersama antara Prodi dan mahasiswa untuk menciptakan kualitas mahasiswa yang unggul. "Tentu saja ini berkat kemauan yang kuat juga dari anak - anak. Kalau mereka semangat, kami para dosen selalu siap untuk membimbing," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement