Senin 30 Apr 2018 06:30 WIB

IPB Job Fair 2018 Percepat Lulusan Masuk Dunia Kerja

Pameran tersebut dihadiri 3.000 pengunjung.

Suasana IPB Job Fair.
Foto: Dok IPB
Suasana IPB Job Fair.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Banyak pihak merasa risau dengan jumlah pengangguran dari kalangan perguruan tinggi yang angkanya masih relatif tinggi. Di lain pihak, perusahaan mengeluh saat ini semakin sulit mendapatkan kandidat karyawan lulusan perguruan tinggi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan perusahaannya. Ada banyak kandidat yang tersedia tetapi sangat sedikit yang memiliki kualifikasi memadai.

Berdasarkan pemikiran tersebut, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir (DKPK) Institut Pertanian Bogor (IPB) berupaya menjadi fasilitator untuk menyatukan kepentingan dunia usaha sebagai penyedia lapangan kerja dengan lulusan IPB dan perguruan tinggi lainnya. Direktorat ini juga memasilitasi lulusan yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Salah satu upaya DKPK IPB adalah dengan menyelenggarakan IPB Job Fair Career and Scholarship Expo 2018. Job Fair ini dilaksanakan di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Darmaga Bogor, Jawa Barat,  28-29 April 2018.

photo
Suasana IPB Job Fair yang digelar 28-29 April 2018.

Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB, Dr Alim Setiawan menjelaskan,  program Job Fair rutin dilaksanakan oleh IPB dua kali setiap tahun. Tahun ini digelar pada bulan April dan September mendatang.

Pelaksanaan program Job Fair ini merupakan bentuk komitmen IPB untuk mempercepat penyerapan lulusan IPB di  dunia kerja.

“Program Job Fair IPB tahun 2018 adalah suatu kegiatan bursa kerja yang terintegrasi, menggabungkan promosi, presentasi, pameran, konsultasi karir gratis dan aktivitas in campus recuitment yang dilakukan oleh perusahaan. Kami rancang menjadi satu kesatuan agar dapat memberikan manfaat maksimal bagi perusahaan mitra IPB dan alumni/mahasiswa IPB serta lulusan atau mahasiswa berbagai perguruan tinggi lainnya,” ujarnya melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (29/4).

Ia menambahkan, memasuki era Revolusi Industri 4.0, IPB berupaya untuk terus mempersiapkan mahasiswa dan lulusannya dengan kompetensi, softskill dan kemampuan literasi yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi. “Tujuannya agar lulusan IPB siap bersaing dalam dunia kerja dan adaptif dengan perubahan zaman,” tuturnya.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahaiswaan IPB, Dr  Ir Drajat Martianto dalam sambutannya mengatakan,  tantangan saat ini sangat berat, baik untuk perusahaan maupun perguruan tinggi. Karena perubahan yang terjadi sekarang ini semuanya dituntut harus membuat strategi baru dalam hal rekrutmen maupun dalam pendidikan itu sendiri.

“IPB memasilitasi kalangan dunia usaha dalam mendapatkan sumberdaya manusia yang diperlukan. Kami selalu membangun hubungan yang sinergis dan saling menguntungkan dengan kalangan dunia usaha khususnya dalam menyediakan sumberdaya manusia, “ paparnya.

Job Fair IPB kali ini diikuti oleh 40 perusahaan peserta career expo dengan jumlah stand 47 dan 12 lembaga peserta scholarship. Jumlah peserta yang hadir sekitar 3.000 pengunjung.

photo
Suasana IPB Job Fair 2018.

Perusahaan yang berpartisipasi terdiri dari perusahaan yang bergerak di bidang pertanian, perbankan, asuransi dan pembiayaan, pendidikan, informatika dan teknologi, consumer goods, dan manufaktur. Lembaga penyedia beasiswa yang bergabung berasal dari universitas maupun lembaga penyedia beasiswa dalam ataupun luar negeri.

Sedangkan pengunjung adalah dari kalangan mahasiswa dan alumni perguruan tinggi, baik IPB maupun universitas lain di Bogor dan sekitarnya.

Rangkaian acara IPB Job Fair Career and Scholarship Expo 2018 ini terdiri dari career expo, scholarship expo, presentasi perusahaan, presentasi scholarship dan konsultasi karir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement