Kamis 22 Mar 2018 00:07 WIB

Ikatan Alumni UIN Sunan Kalijaga Dirikan Komunitas Berniaga

Komunitas ini menghimpun para alumni, para dosen dan pegawai, para mahasiswa,

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Esthi Maharani
UIN Sunan Kalijaga
Foto: Dokumen
UIN Sunan Kalijaga

REPUBLIKA.CO.ID,  SLEMAN -- DIvisi Ekonomi, pengurus Ikatan Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Ikasuka) mendirikan komunitas berniaga keluarga besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang diberi nama Gerbang Kaliman. Pendirian Gerbang Kaliman dimotori oleh Ketua Divisi Ekonomi Ikasuka, Taufik Aji, M.T., (Dosen Prodi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Wakil Dekan III (Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama) Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Jafar Luthfi.

Menurut Taufik Aji, pemilihan nama Gerbang Kaliman memiliki nama gerbang adalah pintu, sedangkan kaliman (baca ka-5-an), terbentuk dari angka 5 yang mempunyai arti khusus bagi warga muslim dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pasalnya, rukun Islam, shalat lima waktu, Pancasila kesemuanya mengandung angka 5.

"Selain itu, gerbang dalam sengkalan Jawa bermakna angka 9, yang maknanya terhubung dengan Sunan Kalijaga yang merupakan Sunan ke-9. Gerbang Kaliman juga mengandung visi Gerak Membangun Keluarga Kalijaga Mandiri," kata Taufik Aji, Rabu (21/3).

Komunitas ini menghimpun para alumni, para dosen dan pegawai, para mahasiswa, keluarga para dosen dan pegawai yang respek terhadap dunia kewirausahaan. Baik mereka yang telah sukses menekuni dunia wirausaha, sudah mulai merintis, maupun yang mempunyai keinginan untuk merintis wirausaha.

Jafar Luthfi menambahkan, wadah ini akan sangat bermanfaat sebagai ajang sosialisasi dan inisiasi, belajar dan sharing bareng, bazar anggota bersama komunitas wirausaha lain, menemukan mentor bisnis, dan mempertemukan investor dengan pelaku usaha.

 

"Saat ini sudah lebih dari 200 pelaku wirausaha keluarga besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mendaftar bergabung menjadi anggota Gerbang Kaliman," ujarnya.

Sebagai agenda awal, dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan bazar gabungan antara sesama anggota Gerbang Kaliman dengan pelaku wirausaha alumnus UGM yang tergabung dalam Keluarga Gama Mandiri (KGM). Selain itu juga akan digelar talkshow seputar kewirausahaan dengan menghadirkan narasumber pengusaha, investor, Kepala Selretariat KGM, Ipunk Purniant Rajiman, dan Dosenpreneur Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Maya Rahmayanti. Kegiatan ini rencana akan digelar pada Selasa (3/4) di UIN Sunan Kalijaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement