Jumat 09 Mar 2018 09:33 WIB

Mahasiswa UGM Juara Kompetisi Biologi Nasional

UGM berhasil menduduki peringkat pertama dalam kategori presentasi poster mahasiswa.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda
Kampus UGM Yogyakarta.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UGM Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tim mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih juara dalam Biology Championship di Universitas Udayana. Tim Fakultas Biologi UGM berhasil menduduki peringkat pertama dalam kategori presentasi poster mahasiswa.

Kompetisi berlangsung 5 Maret 2018 lalu, mengangkat tema "Biologi Cerdas, Lahirkan Ilmuwan Berkualitas Menuju Indonesia Ema". Tim Fakultas Biologi UGM beranggotakan I Wayan Swarautama Mahardika, dan Nugroho Nofriarno.

Tim UGM mengajukan poster penelitian tentang Gama Ayam berjudul Pewarisan Karakter Fenotipe Ayam Hibrida (Gaffus gallus gallus, Linn.1758) Hasil Persilangan Ayam Betina Broiler Cobb 500 dengan Ayam Jantan Pelung Blirik Hitam. Nugroho menjelaskan, penelitian telah dilakukan sejak Mei 2016, di bawah bimbingan Dr Budi Daryono.

Penelitian fokus ke pemuliaan ayam lokal dengan ayam broiler, agar mendapat bibit ayam hibrida lokal dengan prouktivitas daging tinggi dan karakter unggulan ayam pelung. "Dari persilangan itu menghasilkan ayam hibrida yang diberi nama ayam kambro (kampung broiler)," kata Nugroho, Kamis (8/3) lalu, di Fakultas Biologi UGM.

Ia menjelaskan, ayam Kambro memiliki karakter fenotipe seperti pelung, tapi memiliki penambahan bobot mendekati ayam broiler. Itu merupakan hasil pemuliaan dengan tingkat kesulitan tertinggi dibandingkan ayam-ayam lain yang dikembangkan peneliti.

Penelitian dilakukan di Laboraturium Genetika dan Pemuliaan Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada. Hal itu dikarenakan rendahnya tingkat produktivitas telur ayam broiler stok akhir yang beredar di Indonesia.

"Kemenangan ini merupakan hasil dari komitmen Tim Gama Ayam dalam melakukan pemuliaan secara intensif periode waktu yang lama," ujar Nugroho.

Dekan Fakultas Biologi UGM, Budi Setiadi Daryono, mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan para mahasiswanya. Ia mengaku akan selalu mendorong publikasi karya penelitian dalam berbagai bentuk.

"Baik publikasi maupun presentasi untuk membuka wawasan masyarakat dan kalangan intelektual," kata Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement