Selasa 16 Jan 2018 05:53 WIB

Ini Pesan Rektor IPB untuk Calon Wisudawan

Rektor IPB Dr Arif Satria memberikann pengarahan kepada para calon wisudawan.
Foto: Dok IPB
Rektor IPB Dr Arif Satria memberikann pengarahan kepada para calon wisudawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menggelar Studium Generale Pra Wisuda, Senin (15/1), bertempat di Auditorium Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat. Acara ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada para wisudawan yang akan memasuki jenjang karir yang akan dihadapi para lulusan IPB.

Rektor IPB, Dr  Arif Satria, mengucapkan  selamat kepada para wisudawan yang telah meraih prestasi akademik gemilang. “Mari kita songsong dunia nyata hidup dan bekerja di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya dalam rilis yang diteirma Republika.co.id, Senin (15/1).

Ia menambahkan, untuk mendapatkan masa depan bahagia perlu menyusun rencana masa depan dengan baik.Masa depan akan dinaungi oleh keberuntungan, maka itu keberuntungan muncul dimana kesempatan bertemu dengan persiapan.

“Jadi kita harus mempersiapkan diri dengan baik dalam menyongsong masa depan. Tidak semua orang bisa merencanakan kehidupannya sendiri. Oleh karena itu kita juga harus bisa belajar untuk menyusun masa depan tanpa pengaruh banyak orang,” ujarnya.

Rektor menambahkan, para wisudawan harus bisa mengambil keputusan dengan baik dalam mencari pekerjaan. Ada beberapa tips untuk memilih pekerjaan, antara lain: cari pekerjaan yang disenangi;  bekerja menurut panggilan hati, sehingga dalam bekerja seseorang akan merasa senang dan bahagia, dan hasil dalam pekerjaan juga akan maksimal.

“Kami berharap,  para lulusan segera mungkin membuat rencana masa depan. Mustahil kalau tidak direncanakan akan mendapatkan kehidupan yang bahagia. Semuanya butuh rencana. Oleh karena itu siapkan dan mulai menyusun beberapa rencana yang bisa membuat masa depan lebih pasti dan terjamin,” katanya.

Studium General Pra Wisuda kali ini menghadirkan dua narasumber, yakni Direktur Utama Detikcom, Abdul Aziz; dan Ketua Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta, Doto Yogantoro. Para narasumber ini memberikan motivasi dan semangat untuk mencari kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement