Kamis 11 Jan 2018 17:16 WIB

UMP Luncurkan Aplikasi Gim Edukasi Online

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Game Online
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Game Online

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Permainan game online sudah tidak menjadi barang asing bagi masyarakat. Dari sekian banyak aplikasi game online yang dapat diakses melalui komputer atau telepon pintas, hanya sedikit aplikasi game yang bersifat mendidik.

''Kebanyakan aplikasi game online yang bisa diakses, kebanyakan murni hanya sekadar permainan. Sangat sedikit aplikasi game yang memuat nilai-nilai edukatif,'' jelas Malik Muhammad, salah seorang anggota tim Pusat Pengembangan Multimedia Pembelajaran (PPMP) FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kamis (11/1).
 
Merasa prihatin dengan fenomena tersebut, PPMP mengembangkan aplikasi game online yang menarik, sekaligus menyisipkan nilai-nilai edukasi. ''Saat ini, ada enam aplikasi game online yang sudah siap diluncurkan oleh PPMP di tengah masyarakat. Sasaran aplikasi game ini, kami khususnya untuk anak usia SD dan SMP,'' kata dia.
 
Salah satu aplikasi game yang sudah diluncur, Rabu (10/12), adalah aplikasi game online 'Bawor Adventure'. Dalam aplikasi game ini, anak-anak diajak untuk memainkan tokoh Bawor yang sedang berpetualang.
 
''Nama Bawor kami ambil dari tokoh wayang punakawan versi Banyumasan. Selama berpetualan, anak-anak yang memainkan tokoh Bawor akan berpetualang di candi-candi yang ada di Jawa, dan juga menemukan berbagai tradisi budaya masyarakat,'' kata dia.
 
Untuk memainkan aplikasi game online tersebut, Malik menyebutkan, anak-anak bisa mengakses melalui website resmi UMP, ump.ac.id. ''Tinggal klik logo bergambar tokoh bawor, anak-anak bisa memainkan aplikasi tersebut. Kapasitas gamenya sangat ringan, sehingga bisa dijalankan dengan lancar,'' ucapnya.
 
Malik juga menyebutkan, PPMP FKIP UMP akan terus mengembangkan seri lanjutan game-game yang telah ada, termasuk juga aplikasi gim yang memuat materi pembelajaran. ''Sejalan dengan visi PPMP UMP menjadikan UMP sebagai pusat multimedia pembelajaran yang berbasis digital education center, selama satu tahun ini sudah ada 11 gim yang dirilis dan bisa diakses melalui website UMP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement