Rabu 27 Dec 2017 13:49 WIB

UIN Beri Penghargaan Bagi Mahasiswa Juara Kompetisi

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Winda Destiana Putri
Ilustrasi Mahasiswa
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi Mahasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (Suka) Yogyakarta memberikan penghargaan kepada 52 mahasiswa. Penghargaan itu diberikan bagi mahasiswa yang berhasil memenangkan lomba dalam kompetisi di tingkat propinsi, nasional maupun internasional.

Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Waryono, M.Ag. Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan dari BPD DIY berupa sarana dan prasarana penunjang kegiatan mahasiswaan kepada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Bantuan peralatan, sarana dan prasarana senilai Rp 75 juta ini diserahkan oleh Pimpinan Utama Kantor Cabang BPD DIY, Kwartono Agus Rahmadi. Ia mengatakan, bantuan untuk UIN Sunan Kalijaga merupakan wujud komitmen Bank BPD untuk melestarian keistimewaan Yogyakarta.

"Salah satunya, keistimewaan yogyakarta sebagai kota pendidikan. Kami pun berharap bisa terus meningkatkan kerjasama dengan kampus UIN Sunan Kalijaga dalam merawat dan melestarikan predikat DIY sebagai kota pendidikan," ujarnya, Rabu (27/12).

Sementara itu, Dr. Waryono berharap, bantuan dari BPD DIY bisa memacu semangat mahasiswa untuk terus mengukir prestasi. demi melahirkan generasi-gerenasi masa depan yang unggul untuk kemajuan Indonesia.

"Kampus ini merupakab sarana, jembatan bagi teman-teman mahasiswa untuk sukses. Ayo kita tingkatkan prestasi. Ayo menjadi unggul, terbaik, dan beri motivasi kepada teman-teman," kata dia.

Meskipun, lanjutnya, penghargaan yang diberikan kampus ini belum bisa menyeluruh. Data yang masuk pada tahun 2017, lebih dari 300 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang berhasil menjadi juara dalam kompetisi di tingkat propinsi, nasional dan internasional.

Tetapi karena keterbatasan anggaran, data yang masuk diseleksi lagi. Mereka yang pernah memperoleh beasiswa tidak lagi diprioritaskan. Jadi 52 orang mahasiswa yang memperoleh penghargaan kali ini adalah mahasiswa yang memiliki prestasi non-akademik, namun belum terpayungi beasiswa. Hal ini dilakukan agar perhatian kampus ini kepada semua mahasiswa yang berprestasi bisa dilaksanakan secara adil.

Ia pun berharap, dukungan yang diberikan kampus untuk para mahasiswa bisa memotivasi semakin banyak mahasiswa dan alumni UIN Sunan Kalijaga yang bisa menyumbangkan prestasi. "Pasalnya, ini menjadi branding tersendiri agar UIN Sunan Kalijaga semakin dikenal di kancah nasioanl dan internasional," ucapnya.

Kepada para mahasiswa ia berpesan, kuasai isi Alquran sebagai pedoman hidup dan kuasai bidang keilmuan dengan matang. Menurutnya, itulah keunggulan yang bisa diberikan kampus ini agar bisa menggapai kesuksesan dunia dan kebahagiaan akhirat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement