Jumat , 22 December 2017, 16:49 WIB

Peringati Hari Ibu, Perangkat Upacara di ITB Perempuan

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani
Flickriver.com/Ikhlasul Amal
Institut Teknologi Bandung
Institut Teknologi Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) turut memperingati hari ibu ke 89 yang jatuh pada hari Jumat (22/12) dengan melaksanakan upacara di halaman rektorat ITB, Jalan Tamansari, Kota Bandung. Tidak biasanya, kali ini upacara yang diselenggarakan tersebut seluruh perangkatnya merupakan perempuan.

Dalam pelaksanaannya, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Organisasi ITB, Prof Irawati bertindak sebagai pembina upacara. Sementara itu, Pemimpin upacara oleh Lani Marlani dari Unit Pelaksana Teknis Keamanan, Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan (UPT K3L).

Selain itu, pasukan pengibar bendera dari Satuan Pengamanan yang ketiganya adalah wanita. Pembaca teks Pancasila, naskah UUD 1945, dan pembawa acara berturut-turut adalah Dedes Permatha, Siti Sari Purnama, dan Ralina Sudrajat. Peserta upacara yang terdiri dari pimpinan, pejabat, staff, serta tenaga kependidikan ITB tampak hadir memenuhi lapangan upacara.

Dalam sambutannya, Prof Irawati yang membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengatakan peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia. Perempuan telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sementara itu, Rektor ITB, Prof Kadarsah Suryadi memberikan selamat Hari Ibu kepada seluruh peserta upacara wanita yang didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (WRAM), Bermawi Priyatna Iskandar, dan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni dan Komunikasi (WRAAK), Miming Mihardja.

"Selamat hari Ibu, hari yang mengingatkan kita akan perjuangan para perempuan Indonesia 89 tahun yang lalu tentang pentingnya peran wanita dlm membangun bangsa," ujarnya dilansir situs ITB, Jumat (22/12).

Ia menuturkan, hari ibu juga mengingatkan betapa mulianya peran seorang Ibu yang telah melahirkan dan membesarkan anak. "Semoga para Ibu senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menyiapkan generasi masa depan bangsa," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data Direktorat Kepegawaian ITB, Kasubdit Humas dan Publikasi, Fivien Nur Savitri, mengatakan presentase staff pengajar wanita di ITB saat ini sebanyak 27,79 persen sedangkan tenaga kependidikan wanita 32,94 persen.