Rabu , 06 December 2017, 20:24 WIB

UI Gelar Malam Kemitraan Universitas Indonesia

Red: Agung Sasongko
Istimewa
Universitas Indonesia menyelenggarakan sebuah acara silaturahmi bertajuk “Malam Kemitraan Universitas Indonesia”, yang diadakan pada hari Rabu, 6 Desember 2017, pukul 18.30 WIB hingga pukul 21.00 WIB, yang bertempat di Ruang Gardenia, Gran Mahakam Hotel, Jakarta.
Universitas Indonesia menyelenggarakan sebuah acara silaturahmi bertajuk “Malam Kemitraan Universitas Indonesia”, yang diadakan pada hari Rabu, 6 Desember 2017, pukul 18.30 WIB hingga pukul 21.00 WIB, yang bertempat di Ruang Gardenia, Gran Mahakam Hotel, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Universitas Indonesia (UI) merintis start-up yang diinisiasi dosen dan mahasiswa di lingkungan UI. Untuk mendukung pendanaan start-up tersebut, beberapa alumni UI berinisiatif untuk membentuk Usaha Inovasi Ventura, selanjutnya disebut UI Ventures.

Usaha ini Dipelopori Dr. Cyril Noerhadi selaku Senior Managing Director dari Creador, Dr. Eddi Danusaputro selaku Presiden Direktur dari Mandiri Capital Indonesia; Ahmad Fikri Assegaf, selaku Managing Partner dari Aseggaf Hamzah and Partner dan Dr. Omar Anwar selaku Country Head Director dari Nomura. UI juga turut serta dalam pembentukan UI Ventures ini melalui salah satu perusahaan milik UI yaitu PT. Makara Mas. UI Ventures diharapkan dapat menjadi sumber pendanaan bagi para start-up UI.

Selain pengembangan usaha UI juga melakukan beberapa kerjasama baik di bidang akademis, pemerintahan maupun kerjasama bisnis. Untuk itu dalam rangka memberi apresiasi kepada para mitra yang telah menjalin kerja sama dengan UI sepanjang tahun 2017 ini, Universitas Indonesia menyelenggarakan sebuah acara silaturahmi bertajuk “Malam Kemitraan Universitas Indonesia”, yang diadakan pada hari Rabu, 6 Desember 2017, pukul 18.30 WIB hingga pukul 21.00 WIB, yang bertempat di Ruang Gardenia, Gran Mahakam Hotel, Jakarta.

Acara ini dibuka oleh Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha UI, Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati Noerhadi, MDSc., Sp.Ort (K). Wakil Rektor Bidang SDM, Pengembangan, dan Kerja Sama UI, Dr. Hamid Chalid, S.H., LL.M. akan menyampaikan sambutan juga ucapan terima kasih bagi para mitra yang telah bekerjasama dengan UI.

Dalam siaran pers yang diterima, Rabu (6/12), Salah satu agenda pada acara ini adalah penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama antara Universitas Indonesia dengan beberapa pihak, yang berisi rencana kerja sama pengelolaan lahan dan kerja sama konsultasi.

Pada kesempatan ini turut hadir antara lain Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Tito Sulistio; Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Hamdi Hassyarbaini; Direktur Bank Mandiri, Drg. Kartini Sally; Presiden Direktur PT. PP (Persero) Tbk, Ir. Tumiyana, MBA serta beberapa pihak lain yang menjadi mitra penting bagi UI.

Acara diakhiri dengan pemaparan dan laporan pemanfaatan Dana Abadi Universitas Indonesia yang telah terkumpul sejak 2016 lalu oleh Direktur Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni UI, Drs. Erwin Nurdin, M. Si. UI senantiasa mengajak dan membuka peluang bagi para tamu undangan untuk bergabung dan ikut serta menjadi donatur Dana Abadi Universitas Indonesia.

UI berharap penyelenggaraan acara ini dapat menjalin silaturahmi dan hubungan yang sinergis antara Universitas Indonesia dengan para mitra dari berbagai industri.

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum telah memiliki otonomi dalam beberapa hal termasuk mengelola dana secara mandiri, mendirikan badan usaha serta mengelola dana abadi, UI akan melakukan beberapa kerjasama serta mengembangkan beberapa usaha untuk meningkatkan pendapatan bagi Universitas.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam pengembangan usaha adalah dengan mendorong terbentuknya start-up baik yang diinisiasi oleh dosen maupun mahasiswa di lingkungan UI.