Senin 04 Dec 2017 18:03 WIB

Fakultas Biologi UGM dan UTAR Malaysia Perkuat Kerja Sama

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UGM.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UGM.

REPUBLIKA.CO.ID,  SLEMAN -- Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Faculty of Science Universitu Tun Abdul Rahman (UTAR) Malaysia sepakat memperkuat kerja sama. Penguatan ada dalam bidang-bidang akademik dan penelitian (riset).

Hal itu mengemuka dalam lawatan Fakultas Biologi UGM ke Faculty of Science UTAR pada 28-30 November 2017 lalu. Delegasi dipimpin Dekan Fakultas Biologi UGM, Budi Daryono, disambut Dekan Science UTAR Lim TUck Meng di Kampar, Perak, Malaysia.

Dalam kunjungan tersebut, dekan didampingin Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Rina Sri Kasiamdari dan Wakil Dekan Bidang Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Kerja Sama Eko Agus Suyono.

Sejumlah poin kerja sama yang dibahas antara lain kuliah daring, kursus musim panas, siswa magang, supervisi bersama, publikasi pelayanan masyarakat, dan seminar internasional. Ada pula kolaborasi penelitian, publikasi bersama, dan dosen tamu.

Budi mengatakan, lawatan dilakukan sebagai kunjungan atas kunjungan UTAR Malaysia yang sudah dilaksanakan awal 2017 lalu. Saat itu, UTAR Malaysia mengirimkan sebanyak 27 mahasiswa untuk belajar biologi di Fakultas Biologi UGM.

"Lawatan ini sebagai tindak lanjut kerjasama akademik dan riset antara Fakultas Biologi UGM dengan Faculty of Sciences UTAR," kata Budi, Senin (4/12).

Ia menuturkan, salah satu bentuk kerja sama yang segera dilaksanakan dalam waktu dekat merupakan kuliah daring (online) bersama. Terutama, untuk mahasiswa S1 Fakultas Biologi UGM dan Faculty Science UTAR pada Februari 2018 mendatang.

"Kuliah daring ini diselenggarakan dalam rangka menghadapi tantangan disruptif inovasi dan teknologi yang akhir-akhir ini terjadi di dunia industri, dan akan segera terjadi di dunia pendidikan tinggi Indonesia," ujar Budi.

Selain itu, UTAR akan mengirimkan mahasiswa dan dosen untuk mengikuti kegiatan kursus musim panas di Fakultas Biologi UGM. Menurut Budi, rencananya nanti dikirimkan 30 mahasiswa program S1 dan enam dosen yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement