Kamis , 30 November 2017, 07:43 WIB

UI Inisiasi Kerja Sama dengan Pemerintah Daerah

Rep: Dwina Agustin/ Red: Joko Sadewo
Antara/Wildan Anjarbakti
Sudut kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat.
Sudut kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) menginiasiasi kerjasama dengan pemerintah daerah. Upaya tersebut agar bisa mengambil peran di dalam mendukung pembangunan daerah.

Kerjasama yang akan dijalin di fokuskan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Nantinya akan terbukan lebih lebar peluang kolaborasi dan kemitraan dalam pendidikan, riset dalam iklim akademi yang dinamis tanpa batas dengan para perwakilan pimpinan daerah se-Indonesia.

"Sebagai bentuk komitmen UI, UI terbuka untuk menjalin kebersamaan dalam menyelesaikan masalah-masalah nasional dengan Pemerintah Daerah dan juga dengan Industri yang berbasis kemasyarakat (yakni kolaborasi ABCG: Academic, Bussines, Community, dan Government)," kata Rektor UI Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis, M.Met melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (29/11).

Prof. Anis menjelaskan, UI yang berbasiskan akademisi berperan dalam mendesain program sesuai permasalahan yang ada dimasyarakat berdasarkan kajian multidisplin ilmu. Selain itu, institusi akademik tersebut dapat melakukan transfer knowledge atau teknologi sesuai kebutuhan masyarakat yang aplikatif atau tepat guna.

Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama yang dilakukan antara UI dengan sejumlah Pemerintah Daerah di antaranya Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Pemerintah Kota Ambon, Pemerintah Kabupaten Serang dan Pemerintah kota Tangerang Selatan. Bentuk kerjasama yang akan terjalin diantaranya dukungan beasiswa pegawai pemerintah daerah, kerjasama dalam bidang pengabdian masyarakat UI, kerjasama penelitian dan pendampingan dalam mendukung pembangunan di wilayah Pemerintah Daerah.