Kamis 30 Nov 2017 04:57 WIB

Jokowi Minta Jumlah Mahasiswa di PTN Dibatasi

Presiden Joko Widodo.
Foto: Yasin Habibi/ Republika
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah berencana membatasi jumlah mahasiswa yang masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia dengan tujuan fokus pendidikan.

"Saya lebih senang kalau perguruan tinggi itu fokus, tidak semuanya diambil," kata Presiden Joko Widodo dalam pidato penutupan Rembuk Nasional Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Universitas Indonusa Esa Unggul, Jakarta, Rabu (29/11).

Menurut Jokowi, terdapat beberapa perguruan tinggi yang memiliki jumlah mahasiswa lebih dari 30 ribu atau 40 ribu. Dia mengatakan telah meminta Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir untuk membatasi jumlah mahasiswa di PTN.

Jokowi mengatakan M Nasir segera menanggapi positif arahan tersebut. "Kita tunggu saja menterinya nanti bergerak kapan," ujar Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan perguruan tinggi harus berinovasi dalam memberikan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Dia menambahkan, perkembangan dunia saat ini mengarah kepada pemanfaatan digital baik di segi perekonomian, politik, media hingga pendidikan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement