Sabtu 25 Nov 2017 09:31 WIB

Khatibul Umam Wiranu Ketua Ikatan Alumni FBS UNJ 2017-2021

Pengurus  Ikatan Alumni Fakultas Bahasa dan Seni  (IKA FBS)  Universtas Negeri Jakarta (UNJ) priode 2017-2021..
Foto: Dok IKA FBS UNJ
Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Bahasa dan Seni (IKA FBS) Universtas Negeri Jakarta (UNJ) priode 2017-2021..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sinergi nyata. Itulah spirit pengurus Ikatan Alumni Fakultas Bahasa dan Seni  (IKA FBS)  Universtas Negeri Jakarta (UNJ). Hal ini ditegaskan dalam Musyawarah Besar (Mubes) ke-2 IKA FBS UNJ pada Selasa, 21 Nov 2017 di Gd. Dewi Sartika Kampus UNJ Rawamangun, Selasa (21/11). Selain ajang pertanggungjawaban pengurus lama, momentum ini juga digunakan untuk memilih pengurus IKA FBS UNJ periode 2017-2021.

Acara yang dibuka Wakil Dekan III FBVS UNJ, Samsi Setiadi MPd  itu dihadiri 35 alumni yang berasal dari IKA Program Studi di lingkungan FBS (Bahasa Indonesia, Bahasa  Inggris, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Jerman, Bahasa Arab, Bahasa Jepang, Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa, dan Magister Bahasa  Inggris). Mereka secara aklamasi berhasil memilih Pengurus IKA FBS UNJ Periode 2017-2021 yang diketuai Khatibul Umam Wiranu.

 

Siaran pers IKA FBS UNJ yang diterima Republika.co.id, Kamis (23/11) menyebutkan, susunan pengurus IKA FBS UNJ priode 2017-2021 sebagai berikut: Khatibul Umam Wiranu (ketua), Syarifudin Yunus (wakil ketua), Hanri Basel (sekjen), Riza Indrawan (wakil sekjen), Imas Eva (bendahara), dan Hamidah (wakil bendahara). Ditambah Ketua-Sekretaris-Bendahara dari IKA PRODI se-FBS sebagai Presidium Pengurus IKA FBS.

Terpilihnya Khatibul Umam Wiranu, anggota DPR RI Komisi VIII ini merupakan untuk kali kedua dan di bawah kepemimpinannya diharapkan dapat meningkatkan sinergitas almamater FBS UNJ dengan para alumninya.

“Satu periode ke depan, IKA FBS UNJ harus lebih fokus dalam memberi nilai tambah kepada para alumninya. Harus ada kegiatan yang mampu mendatangkan alumni, untuk silaturahim sekaligus bersinergi. Dengan asumsi ada 25.000 alumni FBS UNJ, ada banyak hal positif yang bisa dibangun bersama. Karena itu, pengurus yang masih muda-muda diharapkan dapat berkiprah lebih semangat dan penuh akselerasi” ujar Khatibul Umam di sela acara Mubes.

Untuk itu, IKA FBS UNJ pun mengajak para alumni FBS UNJ atau FPBS IKIP Jakarta, di mana pun  berada, untuk ikut berpartisipasi dalam memberi masukan dan program nyata demi almamater. “Memang tidak mudah mengurus organisasi alumni. Namun jika ada iktikad baik dan komitmen, apapun hal yang positif dapat direalisasikan,” tuturnya.

Ia menyebutka, beberapa langkah “Sinergi Nyata” yang akan dilakukan Pengurus IKA FBSUNJ periode 2017-2021 antara lain: 1) mengoptimalkan lembaga Yayasan IKA FBS UNJ sebagai wadah untuk pengembangan akademis, minat, dan profesi, 2) menggelar acara tahunan berupa Festival Bahasa-Seni-Budaya (BASEBU) sebagai ajang kreativitas akademis keluarga besar FBS UNJ, dan 3) sinergi antara Dekanat FBS UNJ dengan IKA FBS UNJ dalam berbagai momentum sinergi.

 

“Kami di FBS UNJ sangat membutuhkan sinergi nyata dengan IKA FBS UNJ sebagai alumninya. Karena itu, saya mengajak semua elemen FBS UNJ untuk peduli dan mewujudkan  sinergi di antara kita” kata  Wakil Dekan III FBS UNJ, Samsi Setiadi.

Wakil Ketua IKA FBS UNJ  Syarifudin Yunus mengemukakan,  sebagai pembelajaran berdemokrasi ala alumni kampus, Mubes IKA FBS UNJ ini tergolong unik. “Sebab, dapat diselesaikan dalam durasi dua jam: mulai dari laporan pertanggungjawaban hingga memilih pengurus baru. Ada interupsi, ada tanya jawab. Tapi spiritnya untuk sinergi yang lebih baik, lebih positif,” ujar Syarfudin Yunus.

Ia menambahkan, “IKA FBS UNJ  memandang keberadaan alumni sangat penting. Dan karenanya, semangat untuk bersinergi harus terus ditumbuhkan ke depannya.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement