Sabtu , 25 November 2017, 05:57 WIB

Guru Besar Unsoed Serukan Cara Tingkatkan Konsumsi Ikan

Red: Didi Purwadi
Antara/Septianda Perdana
Produk makanan olahan.  (ilustrasi)
Produk makanan olahan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Variasi makanan olahan berbahan dasar ikan dapat meningkatkan minat masyarakat mengonsumsi ikan. Makanan olahan tersebut akan menarik minat anak-anak, remaja, hingga orang tua.

"Sosis ikan, nugget ikan, bakso ikan, dan siomay dari ikan, merupakan makanan olahan berbahan dasar ikan yang tren di kalangan anak muda," kata Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman, Prof Rifda Naufalin di Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat.

Produk olahan tersebut, kata dia, praktis penyajiannya, enak, dan memiliki daya tarik. Produk tersebut juga mudah dibuat dengan teknologi tepat guna sederhana, yang bisa diterapkan skala industri rumah tangga.

Dia menambahkan, kandungan gizi makanan olahan berbahan dasar ikan tetap memiliki kandungan gizi yang tinggi, terutama kandungan protein. "Hal ini karena produk ini diolah dengan sistem pengukusan sehingga tidak menyebabkan kerusakan nilai gizinya, begitu juga dengan nugget dan siomay," katanya.

Karena saat proses penggorengan daging ikan telah dilapisi tepung panir atau kulit lumpia, maka panas tidak akan langsung mengenai daging ikan. "Nugget dan siomay itu saat penggorengan telah dilapisi atau disalut dengan tepung panir atau kulit lumpia sehingga panas tidak langsung mengenai daging ikan, jadi nilai gizinya masih terjaga," katanya.

Sementara itu, Pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan konsumsi masyarakat Indonesia terhadap ikan, salah satunya melalui pengenalan variasi makanan ikan kepada masyarakat.

Sumber : Antara

Berita Terkait