Senin 20 Nov 2017 21:36 WIB

Ribuan Saintis Muda Indonesia Ramaikan “Hero of Science “

Suasana Pesta Sains Nasional (PSN) 2017 di kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat.
Foto: Dok IPB
Suasana Pesta Sains Nasional (PSN) 2017 di kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sekretaris Institut (SI) Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr Ibnul Qayim, secara resmi membuka Pesta Sains Nasional (PSN) 2017 di Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/11).

Kegiatan yang bertema “Hero of Science” ini merupakan ajang sains tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB.

 

PSN yang tahun ini digelar dua hari (18-19/11) ini menjadi wadah bagi para siswa SMA/sederajat sebagai  saintis muda dari seluruh Indonesia untuk bertanding dan bereksplorasi tentang sains melalui kompetisi ilmiah. PSN juga menggelar talkshow, dan kegiatan menarik lainnya. "PSN ini diikuti ribuan saintis muda Indonesia," kata Ibnul Qayim dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (20/11).

.

Ia menambahkan, semakin banyak generasi muda Indonesia yang terlibat dalam kegiatan sains akan memberikan kesempatan luas untuk belajar tentang banyak hal mengenai sains dan pendidikan. “Kegiatan Pesta Sains Nasional (PSN) 2017 ini menjadi ajang peningkatan minat dan kecintaan generasi muda Indonesia, agar terpacu untuk berprestasi lebih baik lagi,“ ujarnya

Dekan FMIPA IPB, Dr  Sri Nurdiati mengatakan,  kompetisi dalam PSN ini mencakup semua departemen yang ada di FMIPA IPB, yaitu statistika, geofisika dan meteorologi, biologi, kimia, matematika, ilmu komputer, fisika, dan biokimia. Selain kompetisi, terdapat acara yang diperuntukkan bagi para guru pendamping yaitu seminar keguruan.

Kegiatan PSN ini memperebutkan piala bergilir Presiden Republik Indonesia bagi juara umum, piala bergilir Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI; Piala Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI; piala Dekan FMIPA IPB; serta piala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Pada PSN 2017 ini juara umum diraih oleh SMAN 1 Depok Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement