Jumat , 17 November 2017, 19:19 WIB

Rektor Unand Serukan Perkuat Inovasi untuk Gerakkan Ekonomi

Red: Didi Purwadi
Republika/Subroto
Universitas Andalas
Universitas Andalas

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumbar, Prof Tafdil Husni menilai penguatan budaya inovasi di tengah masyarakat dapat menggerakkan roda perekonomian bangsa. "Penciptaan suatu produk baru dan bermanfaat akan membantu masyarakat meningkatkan kesejahteraannya," kata dia di Padang, Jumat.

Salah satu yang bisa diciptakan dan diusahakan yakni menjadi wirausahawan dan membuat produk inovatif. Sesungguhnya dari perguruan tinggi melalui penelitian menjadi modal ke arah itu.

Dengan mencari bahan, melakukan studi, analisis dan menciptakan produk membuka peluang jadi bisnis dengan catatan ada manajemen yang tepat. "Saat ini perguruan tinggi melalui kuliah kewirausahaan dan pengabdian masyarakat mendorong penciptaan inovasi tersebut," tambahnya.

Hasilnya sejauh ini telah banyak lahir alumni yang mengembangkan kreativitas berwirausahanya. Bahkan beberapa ada yang sudah memberikan kesempatan orang lain bekerja seperti bidang peternakan dan pertanian. Terlebih saat ini perkembangan teknologi di bidang ekonomi semakin cepat seperti kemudahan jualan secara daring.

Untuk itu dia berharap generasi muda khususnya mahasiswa bisa memanfaatkan kemajuan zaman untuk bertindak secara positif. Kemudian dengan tantangan kemajuan teknologi tersebut dijadikan hasil yang kreatif serta mempercepat pembangunan.

"Secara keseluruhan dan berkesinambungan ini termanfaatkan di dunia kerja, industri dan pemerintah akan memperkuat pembangunan ekonomi itu," kata Tafdil yang merupakan guru besar ekonomi itu.

Sumber : Antara

Berita Terkait